2 Penambang Pasir di Pagaralam Sumsel Tewas Tertimbun Longsor

Antara ยท Rabu, 14 Agustus 2019 - 11:00 WIB
2 Penambang Pasir di Pagaralam Sumsel Tewas Tertimbun Longsor

Longsor di lokasi tambang pasir tradisional. (Foto: Dok iNews).

PAGARALAM, iNews.id - Dua orang penambang pasir dan batu tradisional di perbatasan Kabupaten Pagaralam dan Lahat, Sumatera Selatan (Sumsel), ditemukan tewas. Mereka menjadi korban longsor di lokasi tambang tersebut.

Personel pos Basarnas Pagaralam, Dayu, membenarkan adanya korban jiwa akibat longsor yang terjadi pada Selasa (13/8/2019). Selain itu, ada satu orang masih dalam kondisi kritis akibat timbunan material longsor di sana.

"Longsor kemarin sekitar pukul 14.00 WIB. Ada dua orang meninggal dan satu kritis," kata dia kepada wartawan di Kabupaten Pagaralam, Sumsel, Rabu (14/8/2019).

BACA JUGA: Longsor di Landak Kalbar Timbun 7 Pekerja, 1 Orang Tewas

Menurut dia, peristiwa longsor itu terjadi saat korban menggali pasir dan batu untuk pembangunan sebuah pondok pesantren. Material galian dari atas tebing menimbun para korban. Untuk korban meninggal dunia, mereka tertimbun total.

Sedangkan korban selamat hanya setengah badannya saja yang tertimbun. Untuk korban luka bernama Mirlan (50), sedangkan korban meninggal yakni Dedi (37) dan Miki (25). Miki dan Mirlan merupakan bapak dan anak.

BACA JUGA: Solusi Kabut Asap, Polres Bengkayang Gelar Salat Istisqa Mohon Turun Hujan

"Mereka ini mencari batu dan pasir untuk dijual ke pondok pesantren karena sedang ada pembangunan," ujar dia.

Saat ini korban selamat masih dirawat di rumah sakit di Kabupaten Pagaralam. Menurut dia, korban disebut sempat tertimbun material lebih kurang dua jam. Saat dievakuasi warga, kedua korban sudah tewas di lokasi.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal