Ini Penampakan Sapi Ongole 1,05 Ton yang Dipesan Jokowi untuk Kurban

Muhammad Riza Vahlevi · Sabtu, 11 Agustus 2018 - 12:34 WIB
Ini Penampakan Sapi Ongole 1,05 Ton yang Dipesan Jokowi untuk Kurban

Sapi kurban Jokowi jenis Ongole. (Foto: iNews/M Riza Vahlevi)

PALEMBANG, iNews.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) tahun ini kembali berkurban sapi seberat 1.050 kilogram untuk Hari Raya Idul Adha 2018. Sapi ini dibeli dari lokasi peternakan yang sama dengan tahun sebelumnya, yakni di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel).

Jika 2017 silam jenis Simmental Brahman dengan berat 1,3 ton, kali ini sapi kurban Jokowi berjenis peranakan Ongole (PO). Yakni hasil persilangan antara sapi Jawa dengan India.


Aking sang peternak mengatakan, sapi peliharannya itu sudah dipesan oleh istana. Dia melepas sapi yang telah tiga tahunan dirawatnya hingga sebesar saat ini dengan harga Rp75 juta. “Sudah ada yang datang memesan sapi ini, orangnya Pak Presiden Jokowi,” kata Aking, Sabtu (11/8/2018).

Dia mengungkapkan sejak mendapat pesanan dari Presiden, sudah menyiapkan perawatan yang terbaik untuk sapi tersebut, khususnya soal pemberian makanan. Selain itu juga melakukan pemeriksaan kesehatan oleh dokter hewan. “Iyalah tentu harus dirawat sebagus-bagusnya, apalagi sudah dibeli oleh Presiden kita,” ucapnya.

Diketahui, ini merupakan tahun ketiga Presiden Jokowi membeli hewan kurban dari peternak sapi milik Aking. Rencananya, sapi ini akan dikurbankan di Masjid Taqwa dan dibagikan kepada masyarakat di Kota Palembang saat perayaan Hari Raya Idul Adha 2018.


Editor : Donald Karouw