Jelang Asian Games 2018, LRT di Palembang Ditutup Sementara untuk Umum

Bambang Irawan ยท Kamis, 16 Agustus 2018 - 09:09 WIB
Jelang Asian Games 2018, LRT di Palembang Ditutup Sementara untuk Umum

Kereta LRT di Palembang yang dalam tiga hari ke depan diperuntukan bagi atlet dan official peserta Asian Games 2018. (Foto: iNews/Bambang Irawan)

PALEMBANG, iNews.id – Menjelang puncak kedatangan atlet dan official peserta Asian Games 2018 di Kota Palembang, Sumatera Selatan, akses pelayanan moda transportasi light rail transit (LRT) ditutup sementara untuk umum, mulai Kamis (16/8/2018) hari ini hingga Sabtu (18/8/2018). Kereta api ringan itu dikhususkan hanya bagi atlet, official, panitia, dan media peliput.

Humas PT KAI Drive III Palembang Aida Suryanti mengatakan, kebijakan penutupan sementara dan pembatasan bagi penumpang umum dilakukan untuk kelancaran dan mendukung Asian Games 2018.

“Iya, jadi akan kami tutup untuk umum mulai tanggal 16 hingga 18 Agustus. Selanjutnya pada 19 Agustus sampai dua September, penumpang umum sudah bisa naik namun akan kami batasi. Kami utamakan penumpang dari kalangan atlet, official, dan media,” kata Aida, Rabu (15/8/2018).


Dia mengungkapkan, dalam tiga hari ke depan akan menjadi puncak kedatangan para peserta Asian Games ke Palembang. Jumlahnya diperkirakan mencapai 5.000-an atlet, termasuk official, dan media.

Aida menjelaskan pembagian pola pembatasan penumpang umum di sejumlah stasiun selama gelaran Asian Games yakni, dimulai dari Stasiun Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang ke Stasiun Jakabaring sebanyak 100 penumpang. Kemudian Stasiun Bumi Sriwijaya 100 penumpang, Stasiun Cinde 60 penumpang, dan Stasiun Ampera 70 penumpang. “Layanan LRT ini gratis selama Asian Games,” ujarnya.

Saat ini ada empat trainset LRT yang beroperasi dan satu trainset cadangan dengan total 38 perjalanan setiap harinya. Untuk mendukung kelancaran operasional di tiap stasiun LRT, telah dibuat Posko Terpadu gabungan dari PT KAI, PPK LRT Sumsel, Waskita, PT Inka, serta pihak terkait lainnya untuk mempermudah koordinasi dan perbaikan jika terjadi kendala teknis dalam pengoperasian LRT.

“Pengoperasian LRT tetap mengutamakan penyelenggaran Asian Games dan penumpang umum,” ucapnya.

Pantauan iNews, saat ini sejumlah atlet dan official sudah ada yang mulai berdatangan di Palembang. Mereka juga tampak di Stasiun Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II untuk menikmati perjalanan menggunakan LRT.


Editor : Donald Karouw