2 Polisi PJR Jambi-Palembang Bantu Penanganan Kelahiran Bayi Kembar

Dony Aprian ยท Rabu, 05 September 2018 - 15:22 WIB
2 Polisi PJR Jambi-Palembang Bantu Penanganan Kelahiran Bayi Kembar

Polisi PJR Unit III Batas Jambi-Palembang saat membantu penanganan kelahiran bayi kembar. (Foto: Istimewa)

JAMBI, iNews.id – Anggota Satuan patroli jalan raya PJR (PJR) membantu penanganan proses kelahiran bayi kembar di Pos Unit III Batas Jambi-Palembang, Senin (3/9/2018). Kedua anggota polisi itu masing-masing Aiptu Soeparman dan Bripka Deni Kusnadi.

Kronologi kelahiran bayi kembar yang dibantu kedua polisi bemula dari kedatangan dua unit mobil ambulans dan sebuah mobil pribadi pukul 15.00 WIB dari arah Palembang ke Pos Unit III Batas Jambi–Palembang. Kendaraan itu membawa kabar tentang seorang ibu yang melahiran bayi laki-laki kembar yang dinamakan Cakra dan Panca.

Proses kelahiran yang sebelumnya dilakukan di dalam ambulans harus berpindah ke dalam pos mengingat keterbatasan ruang untuk melanjutkan penanganan kepada bayi yang baru lahir. Salah satunya pemberian vaksin sehingga persinggahan di pos tersebut bertujuan untuk meminta pertolongan meminjam meja kerja untuk meletakan bayi.

"Iya jadi benar, anggota yang saat itu melaksanakan piket yakni Aiptu Soeparman dan Bripka Deny Kusnadi,” kata Dirlantas Polda Jambi Kombes Pol Didik Mulyanto, melalui Ka Iduk Batas Iwan Wahyudi.


Penanganan optimal terus diupayakan seperti pemberian vaksin pada bayi Cakra yang dapat dengan mudah dilaksanakan. Namun usai proses melahirkan, nyawa bayi Panca tak terselamatkan.

Selanjutnya Aiptu Soeparman dan Bripka Deni Kusnadi mengantarkan keluarga dan jenazah bayi ke kediaman mereka di Desa Mendis Jaya RT 01 Dusun 4 Kecamatan Bayung Lincir Kabupaten Muba, Propinsi Sumsel menggunakan kendaraan dinas C 818. Sementara bayi Cakra dibawa ke Rumah Sakit (RS) Jambi untuk pemeriksaan kesehatan lebih lanjut.

Penanganan terhadap kelahiran bayi yang dilakukan oleh Satuan PJR Unit llI Batas Jambi-Palembang merupakan salah satu wujud nyata kepolisian dalam bertugas memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat. Di samping juga melaksanakan penegakkan hukum sesuai amanat Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002.

Di sisi lain, aksi nyata kedua anggota polisi mendapat atensi positif dari masyarakat sekitar. Polri akan terus meningkatkan kesigapan dan kesiapan dalam bertugas memberikan perlindungan dan pelayanan masyarakat. Hal itu sebagai salah satu wujud dari zona integritas Ditlantas Polda Jambi yakni ramah, sopan, ikhlas dalam menolong masyarakat.


Editor : Donald Karouw