Abu Tours Berangkatkan 350 Jamaah asal Sumsel dengan Biaya Tambahan

Bambang Irawan ยท Senin, 09 April 2018 - 16:10 WIB
Abu Tours Berangkatkan 350 Jamaah asal Sumsel dengan Biaya Tambahan

Jamaah umrah Abu Tours Travel berangkat ke Tanah Suci melalui Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumsel. (Foto: iNews/ Bambang Irawan)

PALEMBANG, iNews.id – Kasus penipuan pemberangkatan umrah yang melibatkan Abu Tours and Travel tak menyurutkan cabang biro perjalanan ini di Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), untuk memberangkatkan jamaah ke Tanah Suci. Senin pagi (9/4/2018), Abu Tours memberangkatkan 350 orang asal Sumsel dari Palembang menuju Madinah, Arab Saudi. Namun, sebelumnya jamaah harus membayar biaya tambahan. 

Keberangkatan jamaah dibagi dalam dua gelombang melalui Bandara Sultan Mahmud Badarudin II Palembang. Keberangkatan tersebut menjadi yang terakhir di Bumi Sriwijaya setelah Kementerian Agama mencabut izin operasional Abu Tours and Travel yang berpusat di Makassar.

Para jamaah umrah mengaku senang akhirnya bisa berangkat setelah agennya bisa memenuhi maklumat yang dikeluarkan Abu Tours and Travel. Mereka mengaku tidak begitu mempersoalkan mengenai biaya tambahan yang harus dibayar ke Abu Tours agar bisa berangkat ke Tanah Suci.

BACA JUGA: Pimpinan Cabang Abu Tours Medan Ditetapkan Tersangka

Sesuai maklumat sebelumnya, Abu Tours and Travel memang meminta tambahan biaya mulai Rp5 juta hingga Rp15 juta. Namun, maklumat tersebut otomatis terhenti setelah izinnya dicabut oleh Kementerian Agama dan para petinggi agen perjalanan itu kini sedang dalam proses hukum di Makassar.

"Asal saya dari Kayu Agung. Saya tidak keberatan dengan penambahan biaya karena niat saya ibadah. Saya menambah biaya sebesar Rp15 juta dari sebelumnya sudah bayar Rp18 juta. Saya berangkat berdua dengan istri saya,” kata jamaah Abu Tours and Travel, Sutaji.

Hal yang sama diungkapkan jamaah Abu Tours and Travel asal Pagaralam, Nila. Meskipun harus menambah biaya, dia bersyukur karena akhirnya bisa berangkat umrah ke Tanah Suci bersama keluarganya. “Alhamdulillah setelah menunggu sekian lama, akhirnya saya dan keluarga bisa berangkat ke Tanah Suci. Kami berterima kasih meskipun belakangan ini banyak berita gonjang-ganjing soal Abu Tours selama ini,” kata Nila.

Berdasarkan data Kementerian Agama, sekitar 7.000 jamaah calon umrah asal Sumsel gagal berangkat akibat kasus penipuan Abu Tours and Travel. Selama kasus ini terungkap, sebanyak 1.000 jamaah telah diberangkatkan ke Tanah Suci. Menurut Abu Tour Travel, ini menjadi keberangkatan terakhir untuk mengakomodasi jamaah yang masih mau memenuhi maklumat.


Editor : Maria Christina