Aksi Polisi yang Viral saat Gendong Balita di OKU Sumsel Diganjar Penghargaan

Widori Agustino ยท Rabu, 10 Juli 2019 - 17:11 WIB
Aksi Polisi yang Viral saat Gendong Balita di OKU Sumsel Diganjar Penghargaan

Kanit Turjawali Lantas Polres OKU Aipda Andi Hzn saat mengendong balita yang tertidur di pinggir jalan. (Foto: iNews/Widori Agustino)

BATURAJA, iNews.id – Aksi polisi menggendong balita tertidur di pinggir jalan karena kelelahan berjalan kaki viral di media sosial (medsos). Atas dedikasi dan kepeduliannya tersebut, sang polisi pun diganjar penghargaan dari pimpinannya.

Hasil penelusuran, polisi baik tersebut bertugas di Polres Ogan Komering Ulu (OKU) Sumatera Selatan dalam Unit Satuan lalu Lintas (Satlantas). Identitasnya diketahui bernama Aipda Andi Hzn yang menjabat sebagai Kanit Turjawali Lantas Polres OKU.

Aipda Andi memang sedang menjadi pembicaraan hangat di medsos dalam beberapa hari terakhir. Dia mendapat simpati masyarakat setelah video amatir yang merekam aksi sosialnya menggendong bayi di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) beredar luas.

Pengakuan Aipda Andi, dia tak menyangka jika perbuatannya itu bakal mendapat atensi warganet. Saat ini, dia menolong balita yang diketahui Muhamad Juna Alfarizi karena spontan dari panggilan hatinya.

BACA JUGA:HUT Bhayangkara, Kapolri Minta Jokowi Naikkan Tunjangan Personel 100%

“Saya awalnya mendapat tugas mengatur arus lalu lintas yang macet karena ada pengalihan jalan. Saat itu saya melihat balita itu tidur di pinggir jalan dan kakaknya menangis. Saya pun langsung mengendong dan membawa mereka ke tempat tujuannya,” ujar Andi, Rabu (10/7/2019).

Belakangan diketahui balita dua tahun itu tertidur di pinggir jalan akibat kelelahan setelah berjalan sejauh lima kilometer bersama kakaknya. Kedua anak ini dalam tujuan ke tempat ibu mereka yang bekerja sebagai buruh toko kelontong di Pasar Induk Batukuning.

Awalnya kakak perempuan balita tersebut menggendongnya. Namun karena sudah tidak kuat mereka beristirahat di pinggiran jalan hingga balita Juna tertidur.

“Anak saya ini memang biasa menyusul kerja. Mereka harus berjalan kaki selama setengah jam untuk bisa sampai ke tempat saya,” kata Rohana, ibu kedua anak tersebut.

Sementara itu, Kapolres OKU AKBP NK Widayana Sulandari berharap citra Polri di mata masyarakat dapat terangkat dan positif atas dedikasi semua anggotanya di lapangan.

“Tadi kami berikan penghargaan ke Bhabinkamtibmas maupun anggota yang telah berkerja di luar batas maupun saat pengamanan pemilu,” katanya.


Editor : Donald Karouw