Banjir Rendam Ratusan Rumah di Kabupaten Pali Sumsel

Bisrun SIlvan ยท Minggu, 09 Desember 2018 - 11:23 WIB
Banjir Rendam Ratusan Rumah di Kabupaten Pali Sumsel

Banjir merendam ratusan rumah warga di Desa Curup, Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten Pali, Sumatera Selatan, akibat luapan Sungai Lemtang. (Foto: iNews/Bisrun Silvana)

PALI, iNews.id - Intensitas hujan yang tinggi membuat Sungai Lemtang, di Desa Curup, Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten Pali, Sumatera Selatan, meluap. Akibatnya, ratusan rumah warga terendam banjir. Selain merendam permukiman warga, bajir juga membuat jalan penghubung antardesa putus karena genangan air.

Pantauan wartawan iNews di lapangan, ratusan rumah warga di Desa Curup, Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten Pali, terendam banjir. Ketingian banjir di lokasi terparah bahkan mencapai 1,5 meter.

Kondisi ini membuat perekonomian warga lumpuh total. Warga korban banjir hanya berdiam diri di rumah dikarenakan sulit beraktivitas. Banjir yang melanda Desa Curup ini sudah berlangsung selama satu pekan.

Kondisi banjir ini membuat warga mengeluh karena tidak bisa bekerja untuk menyari nafkah. Hanya sebagian warga dan ibu-ibu mencoba mencari peruntungan di Pangkalan Pasir demi menyambung hidup.

“Perekonomian semuanya menurut, baik karet, jagung, ataupun sawah tidak bisa menghasilkan apa-apa. Sekarang warga tergantung pada pasir,” kata salah seorang warga Curup, Asista, saat ditemui di rumahnya, Minggu (9/12/2018).

Selain merendam permukiman warga, banjir juga merendam jalan penghubung antardesa. Kondisi ini juga sangat menyulitkan warga untuk keluar masuk desa. “Ya otomatis terganggu kalau jalan terendam begini. Kendaraan kami terpaksa harus dibawa pakai rakit ke tempat yang tidak tergenang kalau mau dipakai,” kata salah seorang pengguna jalan, Wadi.

Saat ini warga korban banjir masih bertahan di rumah, mengingat rumah mereka merupakan rumah panggung yang memiliki tiang tinggi. Namun jika kondisi banjir terus naik, mereka baru akan mengungsi ke tempat yang lebih aman.


Editor : Himas Puspito Putra