BBM Premium dan Solar di Baturaja Alami Kelangkaan

Teddy Hendrawan ยท Jumat, 07 Desember 2018 - 11:39 WIB
BBM Premium dan Solar di Baturaja Alami Kelangkaan

Antrean mendapatkan BBM di Baturaja. (Foto: iNews/Teddy)

BATURAJA, iNews.id - Warga Baturaja di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan (Sumsel), mulai meresahkan kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) jenis Solar dan Premium. Kondisi ini terjadi di setiap Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) kawasan tersebut.

Kondisi ini sudah terjadi sejak satu bulan lalu. Warga yang sebelumnya dapat dengan mudah memeroleh BBM Premium dan Solar, kini justru sangat sulit didapatkan.

BACA JUGA: Pemerintah Sebut Sudah Ada SPBU yang Turunkan Harga BBM Nonsubsidi

Seorang pengendara mobil, Erwin mengatakan, harus mengantre lama di satu SPBU karena langkanya bensin Premium untuk kendaraannya. Dia hampir satu jam mengantre, karena banyaknya kendaraan yang berbaris mengisi bahan bakar di SPBU tersebut.

"Sudah lama begini (langka), susah bensin sekarang-sekarang ini," kata Erwin kepada iNews saat ditemui di sebuah SPBU kawasan Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumsel, Jumat (7/12/2018).

Dampak dari antrean kendaraan ini adalah kepadatan lalu lintas. Karena, banyak kendaraan yang berbaris di bahu jalan untuk masuk ke SPBU. Pantauan iNews, kemacetan terjadi hampir sekitar satu kilometer hanya untuk masuk ke pom pengisian bahan bakar.

BBM jenis Pertalite, Pertamax, Bio Solar dan Dexlite memang kurang diminati para pengendara. Selain harga mahal, para pengendara juga mengeluhkan kalau kendaraanya cepat panas bila menggunakan BBM tersebut. Akibatnya, bensin malah semakin boros.

"Lebih suka isi Premium," ujar dia.

BACA JUGA: Polisi Kembali Amankan 4 Ton BBM Timbunan di Raja Ampat

Warga berharap, pemerintah dan Pertamina bisa memikirkan hal ini dengan menyediakan kembali Premium dan Solar secara normal. Kalaupun ada oknum yang "bermain" dengan pihak SPBU, harus segera ditindak, karena dampaknya menyulitkan masyarakat.

Pihak SPBU juga diminta tidak menjual BBM jenis Premium dan Solar kepada pengecer hanya untuk mencari keuntungan. Peristiwa ini sering kali didapati warga, di mana petugas SPBU melayani penjualan BBM kepada pengecer dengan puluhan jeriken diangkut ke mobil pick-up.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal