BNNP Sumsel Lepas Tembakan saat Razia di Palembang, 1 Pemuda Tertembak

Sindonews ยท Sabtu, 02 Maret 2019 - 08:17 WIB
BNNP Sumsel Lepas Tembakan saat Razia di Palembang, 1 Pemuda Tertembak

Ilustrasi. (Foto: dok iNews)

PALEMBANG, iNews.id – Penembakan mewarnai razia petugas Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Selatan (Sumsel) di kawasan Sukarami, Palembang. Dalam peristiwa itu, seorang pemuda yang identitasnya diketahui bernama Akbar Putra (18) terkena tembakan di dada kiri.

Informasi yang dirangkum, razia dan penembakan itu terjadi pada Kamis (28/2/2019). Saat itu petugas BNNP Sumsel dan Satpol PP melakukan razia narkoba di Jalan Teratai Putih, Kampung Baru, Sukarami, Palembang. Namun baru saja memasuki gang, petugas gabungan diserang sekelompok pemuda menggunakan batu.

"Kami memang melepas tembakan saat razia. Tapi itu pun tembakan peringatan," ujar Kepala BNNP Sumsel Brigjen Pol Jhon Turman Panjaitan, Jumat (1/3/2019).

BACA JUGA: BNN Tembak Mati 1 Tersangka Narkoba di Langsa Aceh, 5 Ditangkap

Dia menyebut jika tembakan yang dilepas anggotanya karena posisi petugas saat itu sudah terdesak. Mereka mendapat serangan dan dilempar batu serta kayu.

"Kami sama Satpol PP baru mau masuk aja udah diserang. Dilempari batu dan kayu. Saya juga ada di lokasi memimpin langsung. Usia mereka masih muda, ya antara 16 sampai 20 tahun," katanya.

Jhon menambahkan, tembakan peringatan tersebut dilepas anggotanya ke arah. "Saya pikir kalau ditembak ke depan pasti selesai. Akhirnya tembakan peringatan ke atas sambil kami pun mundur. Nggak ada cara lain selain mundur," ucapnya.

Kendati demikian, dia menganggap wajar jika ada warga yang terkena tembakan. Sebab, lokasi tempat kejadian di bagian kanan dan kiri merupakan tembok tinggi. Hal itu dimungkinkan terjadi akibat pantulan peluru.

"Bisa jadi itu pantulan peluru, nanti kami cek. Kalau dari peluru anggota saya kan bisa dicek. Saya katakan mohon maaf kepada adik-adik tadi malam. Apa yang kami lakukan merupakan salah satu upaya memberantas narkoba," tuturnya.

Diketahui, lokasi gelaran razia itu dikenal sebagai kawasan prostitusi di Palembang. Sementara pemuda yang menjadi korban luka tembak kini masih menjalani perawatan di Rumah Sakit (RS) Myria.


Editor : Donald Karouw