Diduga Dikendalikan Napi, Sabu asal China Beredar di Sumsel

Antara ยท Senin, 04 Februari 2019 - 13:46 WIB
Diduga Dikendalikan Napi, Sabu asal China Beredar di Sumsel

Ilustrasi sabu-sabu. (Foto: Koran Sindo).

PALEMBANG, iNews.id - Polda Sumatera Selatan (Sumsel) mengungkap kasus peredaran sabu-sabu asal China yang dikendalikan seorang narapidana di lembaga pemasyarakatan (lapas). Sebanyak empat kilogram sabu diamankan petugas di minimarket, kompleks perumahan mewah di Kota Palembang.

Kapolda Sumsel, Irjen Pol. Zulkarnain Adinegara mengatakan, petugas meringkus tersangka RD (39) dengan mengamankan sabu di dalam kemasan teh produksi China.

"Transaksinya di alaman minimarket, kompleks perumahan mewah Citra Grand City Palembang pada Rabu (30/1/2019) lalu," kata Zulkarnain di Mapolda Sumsel, Kota Palembang, Senin (4/2/2019).

BACA JUGA: Jadi Pengedar Sabu, Ibu Rumah Tangga di Ketapang Diamankan Polisi

Dia mengatakan, kasus ini terungkap setelah ada laporan akan ada transaksi sabu-sabu asal China dari jaringan bandar narkoba Malaysia di lokasi tersebut. Tim dari Ditresnarkoba pun langsung turun dan meringkus tersangka di sana.

Berdasarkan keterangan tersangka, barang bukti sabu-sabu tersebut milik narapidana kasus narkoba LW yang saat ini menjalani hukuman di Lapas Merah Mata Kota Palembang.

BACA JUGA: Digeledah Polisi, Pemuda di Medan Sembunyikan Sabu di Dalam Mulut

"Polisi kini mengembangkan kasus tersebut untuk membuktikan keterangan tersangka RD," kata dia.

Berdasarkan hasil pemeriksaan penyidik dan barang bukti yang diamankan, tersangka melanggar Pasal 114 Ayat (2) subsider Pasal 102 Ayat (2) Undang-Undang No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Ancamannya minimal 20 tahun penjara, hingga hukuman mati.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal