Erick Thohir: Sport Tourism Akan Dorong Kota Palembang Lebih Maju

Abdul Rochim ยท Selasa, 02 April 2019 - 16:50 WIB
Erick Thohir: Sport Tourism Akan Dorong Kota Palembang Lebih Maju

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Erick Thohir berbicara mengenai potensi sport tourism di Palembang, Sumsel, yang sangat besar, Selasa (2/4/2019). (Foto: Koran Sindo/Abdul Rochim)

PALEMBANG, iNews.id – Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Erick Thohir menilai potensi sport tourism di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), sangat besar. Perpaduan antara wisata dengan kegiatan olahraga, khususnya event internasional itu akan mendorong daerah ini menjadi lebih maju.

“Salah satu buktinya adalah keberhasilan Asian Games 2018 di Palembang. Ribuan atlet dari berbagai negara ikut terlibat di pesta olahraga terbesar di Asia tahun lalu,” kata Erick Thohir di Palembang, Selasa (2/4/2019).

Menurut Erick Thohir yang juga ketua panitia pelaksana Asian Games 2018, kesuksesan Asian Games 2018 pasti akan diikuti dengan kunjungan jumlah wisatawan mancanegara. Sport tourism bakal mendorong peningkatan jumlah wisatawan mancanegara ke kota yang terkenal dengan makanan empek-empek ini.

“Asian Games 2018 yang berlangsung baik dengan ujung tombak para volunteer membuat atlet dan juga official negara peserta pastinya akan terus mengingat Kota Palembang,” katanya.

BACA JUGA:

Kampanye Pamungkas Jokowi-Amin, TKN Gelar Konser Putih Bersatu di GBK

Ketua TKN: Kepemimpinan Jokowi Makin Matang di Debat IV Pilpres 2019

Erick juga meminta semua stakeholder olahraga di Bumi Sriwijaya ini untuk memanfaatkan peninggalan Asian Games 2018 dengan baik. Venue yang dibangun untuk Asian Games 2018 sesuai standar internasional hendaknya dijaga, dirawat dan dimanfaatkan.

“Entah itu untuk pengembangan cabang-cabang olahraga atlet lokal ataupun menggelar event olahraga internasional di sini,” ujarnya.

Erick menyebutkan, sejumlah venue yang berstandar internasional seperti bowling, menembak, dayung, panjat tebing maupun sepakbola sudah diakui dunia internasional. Dengan memperbanyak event internasional, akan menambah pengalaman atlet Indonesia dan menutup biaya pengelolaan venue yang tidak murah.

Selain venue olahraga, menurut Erick Thohir, Palembang juga bisa memadukannya dengan paket wisata. Misalnya, dengan program petualang muda, paket jalan-jalan untuk anak muda mengenal dan memperkenalkan kekayaan alam dan budaya. “Akan semakin banyak orang wisata ke Palembang,” paparnya.


BACA JUGA: Jokowi Ajak Warga Dumai Coblos Baju Putih, Bukan yang Mengenakan Jas


Apalagi, Indonesia kini telah resmi mencalonkan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2032. Salah satu penilaian agar terpilih menjadi tuan rumah event itu dengan memperbanyak kegiatan olahraga internasional di Indonesia.

“Dalam waktu ke depan ada Moto GP tahun 2021 di Mandalika, Nusa Tenggara Barat, dan FIBA World Cup 2023 di Jakarta. Palembang bisa saja dengan cabang olahraga lain mengajukan diri menjadi tuan rumah event internasional,” katanya.

Erick meyakinkan dengan pemerintahan yang berkesinambungan, maka tujuan dan target ke depan bisa dilaksanakan. Di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Indonesia sudah mendapat kepercayaan internasional, khususnya di bidang olahraga.

“Tentu jika Pak Jokowi diberi kesempatan lagi memimpin, maka akan lebih mudah dalam mewujudkan mimpi besar menjadi tuan rumah Olimpiade di Indonesia tahun 2032 nanti,” katanya.

Pemerintah selama ini juga terus mendorong pembangunan dan perbaikan infrastruktur. Indonesia membutuhkan infrastruktur sebagai fondasi bagi kemajuan. Tanpa infrastruktur, perpindahan manusia dan kebutuhan masyarakat akan tersendat.

“Infrastruktur membantu aktivitas rakyat. Tol Trans Sumatera rute Lampung-Palembang akan membuat kehidupan masyarakat Palembang semakin maju,” katanya.


Editor : Maria Christina