Gelar Rakerda, TKD Sumsel Undang 2.600 Caleg dan Relawan Jokowi

Dony Aprian · Kamis, 22 November 2018 - 22:47 WIB
Gelar Rakerda, TKD Sumsel Undang 2.600 Caleg dan Relawan Jokowi

Wakil Direktur Saksi TKN Jokowi-Ma’ruf, Lukman Edy. (Foto: Okezone/dok).

PALEMBANG, iNews.id - Satu lawatan dengan dua kapasitas yang berbeda bakal dijalankan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam kunjungan kerja ke Lampung (23-24/11/2018) dan Sumatera Selatan, Senin (25/11/2018), Jokowi akan menghadiri beberapa kegiatan sebagai presiden dan calon presiden (capres).

Wakil Direktur Saksi Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Lukman Edy menegaskan, TKN tidak akan mencampuri kegiatan Jokowi sebagai presiden di Lampung. Hal itu sesuai dengan aturan yang tercantum dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).

“Agenda beliau sebagai presiden di antaranya bertemu kepala desa, PKH, pendamping desa dan lainnya. Lalu, pertemuan dengan petani. Kami tidak bisa menjelaskan secara rinci soal kegiatan beliau sebagai presiden,” kata Lukman saat konferensi pers di Jakabaring, Kota Palembang, Kamis (22/11/2018).

BACA JUGA: TKN: Jokowi ke Lampung sebagai Presiden dan Capres

Lukman mengaku hanya akan membahas agenda Jokowi sebagai capres yakni, pertemuan dan rapat kerja daerah (rakerda) dengan caleg, Tim Kampanye Daerah (TKD) dan relawan se-Sumsel. Menurut Lukman, Jokowi secara langsung akan memberikan pengarahan dan pembekalan kepada seluruh peserta. Setidaknya ada 4 poin terkait hal tersebut.

Pertama, sosialisasi tentang visi misi dan narasi positif. Lukman mengaku ingin masa kampanye 5 bulan ke depan diisi dengan narasi-narasi positif berupa program dan progres pembangunan dalam 4 tahun ini.

“Kami ingin sampaikan bahwa banyak yang disampaikan Prabowo-Sandi adalah data-data bohong. Kalau tidak segera ditangani maka masyarakat lama-lama bisa percaya kebohongan itu,” kata Lukman.

BACA JUGA: Bertemu Ulama di Istana, Jokowi Singgung Asing dan PKI

Dia berharap dengan tambahan informasi ini para juru bicara 01 dan caleg bisa menjelaskan info lengkap tentang apa yang sudah dilakukan Jokowi 4 tahun ini, termasuk menjawab black campign tentang Jokowi PKI.

“Kedua, kami akan melatih dan memberi pembekalan berkenaan dalam pengelolaan sosmed (media sosial) yang bertanggung-jawab. Ini agar di era modern saat ini tidak hanya kapanye di darat, tapi juga di udara,” kata Lukman.

Ketiga, persiapan canvasing atau door to door campign. Lukman menjelaskan, canvasing merupakan bagian dari amanat UU Pemilu yang mengarahkan door to door campign untuk memberikan penjelasan kepada masyrakat tentang calonnya. Keempat, lanjut Lukman, penataan struktural TKD se-Sumsel agar lebih efektif.

Ketua Panitia Rakerda TKD Giri Kiemas mengetakan, persiapan acara sudah 90 persen. Keseluruhan peserta yang diundang mencapai 2.600 peserta, terdiri atas caleg DPRD Kabupaten/kota sebanyak 2.200 orang. Adapun sisanya merupakan relawan.

“Memang tidak semua caleg kita undang, katena pertimbangan jarak yang jauh atau lainnya. Tempat acara di The Sunan Convention Center,” kata Giri.


Editor : Zen Teguh