Hujan Deras Mengguyur Kota Palembang, Warga Berharap Asap Tebal Segera Hilang

Bambang Irawan ยท Kamis, 17 Oktober 2019 - 19:01 WIB
Hujan Deras Mengguyur Kota Palembang, Warga Berharap Asap Tebal Segera Hilang

Hujan deras mengguyur Kota Palembang, Kamis (17/10/2019), warga berharap kabut asap dan titik panas segera hilang. (Foto: iNews.id/Bambang Irawan).

PALEMBANG, iNews.id - Hujan deras mengguyur Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) Kamis (17/10/2019) sore. Warga berharap kabut asap dan titik panas segera hilang.

Salah satu warga Palembang, Zarkasih, berharap datangnya hujan dapat mengurangi kabut asap yang melanda Bumi Sriwijaya. Menurutnya, kabut asap yang melanda Palembang beberapa waktu belakangan ini membuat kesehatannya terganggu.

Selain dampak kesehatan, kabut asap juga membuat kegiatan pendidikan anaknya terganggu karena kegiatan belajar mengajar harus libur.

“Saya bersyukur dengan hujan ini, kabut asap menghilang,” katanya.

BACA JUGA: Begini Kondisi Kota Palembang Diselimuti Asap Tebal Kebakaran Hutan

Sementara Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan hujan ini meskipun merupakan hasil teknologi modifikasi cuaca, namun tetap merupakan berkah Tuhan. Mengingat beberapa kali usaha modifikasi cuaca belum berhasil.

Menurutnya, pemerintah sudah melakukan upaya maksimal untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan yang melanda. Di antaranya dengan menerjunkan tujuh heli waterbombing setiap harinya serta seribu pasukan satgas karhutla darat.

“Namun karhutla juga belum berakhir,” katanya.

BACA JUGA: Dampak Karhutla, Kualitas Udara Kota Palembang Sangat Tidak Sehat

Dia berharap turunnya hujan, diharapan dapat memadamkan api di lahan gambut seperti di Ogan Komering Ilir, Banyuasin dan Musi Banyuasin, Sumsel.

Sebelumnya warga menghirup kabut asap setiap harinya akibat kebakaran hutan dan lahan. Dampaknya banyak warga mengeluhkan kesehatannya karena menderita Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). BAhkan siswa juga terpaksa harus belajar di rumah untuk mengurangi paparan asap.


Editor : Umaya Khusniah