Ikuti Rukyat Internasional, Sejumlah Warga Palembang Lebaran Hari Ini

Bambang Irawan ยท Selasa, 04 Juni 2019 - 13:53 WIB
Ikuti Rukyat Internasional, Sejumlah Warga Palembang Lebaran Hari Ini

Warga menggelar salat Idul Fitri di sekitar jalan Kota Palembang Sumsel. (Foto: iNews/Bambang Iriawan).

PALEMBANG, iNews.id - Ratusan warga di Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) melangsungkan Salat Idul Fitri 1440 Hijriah, Senin (6/4/2019) pagi tadi. Mereka meyakini telah jatuh awal Syawal mengikuti rukyat internasional.

Menurut khatib, Ustaz Mahmud Djamhur mengatakan, sudah ada 44 negara yang menggelar salat Idul Fitri pada hari ini, di antaranya Arab Saudi.

"Memang sudah terlihat hilal," kata Mahmud kepada iNews di lokasi Salat Id di Jalan Gubernur Haji Bastari Jakabaring, Kota Palembang, Sumsel.

BACA JUGA: Ratusan Warga Jombang Salat Idul Fitri Selasa Pagi

Warga juga meyakini, perhitungan yang jatuh hari ini juga mengikuti tiga mazhab yakni, Maliki, Hambali dan Hanafi. Perhitungan awal Syawal ditentukan jika sudah melihat hilal, meskipun bukan berada di Timur Tengah.

"Jadi, siapa pun yang melihatnya bisa jadi pedoman untuk kita menentukan awal 1 Syawal dan menggelar Salat Idul Fitri 1440 Hijriah," ujar dia.

BACA JUGA: Jemaah Tarekat Naqsabandiah di Padang Sumbar Rayakan Idul Fitri Hari Ini

Ustaz Mahmud berharap, tidak menjadi persoalan kapan merayakan lebaran karena sesuai dengan keyakinan masing-masing umat Islam. Ada dua hal metode perhitungan yakni lewat cara rukyat dan hisab.

Sebelumnya, Kementerian Agama (Kemenag) menyatakan tidak ada referensi empiris visibilitas atau ketampakan hilal awal Syawal 1440 Hijriah teramati di seluruh wilayah Indonesia pada Senin (3/6/2019) kemarin.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal