Isi Kekosongan, Mendagri Lantik Hadi Prabowo Jadi Pj Gubernur Sumsel

Sindonews ยท Sabtu, 22 September 2018 - 02:12 WIB
Isi Kekosongan, Mendagri Lantik Hadi Prabowo Jadi Pj Gubernur Sumsel

Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo (kiri) resmi dilantik sebagai Pj Gubernur Sumatera Selatan. (Foto: SINDOnews)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

PALEMBANG, iNews.id – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menunjuk Sekretaris Jenderal Kemendagri Hadi Prabowo sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel). Penunjukan mantan Sekda Jateng ini semata agar tidak terjadi kekosongan dalam penyelenggaraan pemerintahan di provinsi tersebut.

Sebab menurut aturan perundang-undangan, masa jabatan kepala daerah tak boleh ditambah atau dikurangi meski satu hari sekalipun. "Yang satu supaya tidak ada kekosongan pemerintahan di daerah, kedua untuk melayani masyarakat seperti biasa perlu adanya penjabat gubernur sampai gubernur definitif terpilih dilantik," kata Mendagri Tjahjo Kumolo di Palembang, Sumsel, Jumat (21/9/2018).

Mengenai pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel terpilih hasil Pilgub, menurut Tjahjo, akan dilakukan secepatnya. Bisa dilantik besok atau hari lain. Prinsipnya, proses serta jadwal pelantikan tengah dipersiapkan Sekretariat Negara. Pelantikan akan dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara.

"Bisa besok pagi atau kapan karena inginnya ingin mempercepat pelantikan, tapi sekarang sedang dipersiapkan oleh pihak Setneg karena yang melantik adalah Bapak Presiden dengan Keppres," ujarnya.

Selain itu, lanjut Tjahjo, penunjukan Hadi Prabowo sebagai Pj Gubernur Sumsel juga untuk mempersiapkan serah terima jabatan antara pejabat dengan gubernur sampai pelantikan.

Di samping tentunya untuk mengisi kekosongan, bilamana ada yang perlu dibahas dengan DPRD. Jika ada penjabat gubernur tentu, pembahasan dengan DPRD sah. "Sehingga antar penjabat gubernur dan DPRD sudah sah karna sama-sama ada Kepresnya," kata mantan Sekjen PDIP tersebut.

Tjahjo menegaskan, fungsinya penjabat dengan gubernur definitif sama. Seorang penjabat bisa memutasikan pejabat kalau memang diperlukan. Ia juga bisa bersama-sama DPRD membuat keputusan atau mengubah anggaran.

Pelantikan Hadi berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 130/P/2018 tanggal 7 Agustus 2018. Hadi akan bertugas sebagai penjabat sampai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel terpilih dilantik, untuk selanjutnya akan dilakukan serah terima jabatan.


Editor : Kastolani Marzuki