Jalan Amblas Tergerus Longsor, 5 Desa di Muara Enim Terisolasi

Ahmad Hermanto ยท Jumat, 19 Oktober 2018 - 16:53 WIB
Jalan Amblas Tergerus Longsor, 5 Desa di Muara Enim Terisolasi

Seorang warga melintas di jalan Desa Kasai, Kecamatan Sungai Rotan, Muara Enim yang amblas akibat tergerus longsor. (Foto: iNews.id/Ahmad Hermanto)

MUARA ENIM, iNews.id - Jalan pengubung antardesa di Desa Kasai, Kecamatan Sungai Rotan, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan (Sumsel) tiba-tiba amblas sedalam sekitar 60 meter, Jumat (19/10/2018) dini hari. Amblasnya jalan tersebut mengakibatkan lima desa di wilayah tersebut terisolasi.

Amblasnya jalan tersebut membuat dinding penahan air ambruk hingga membuat tanah sekitarnya longsor. Akibatnya, aktivitas warga lumpuh total karena jalan tersebut tidak bisa dilalui kendaraan baik sepeda motor maupun mobil.

Selain menjadi jalan pengubung antardesa, jalan tersebut juga menjadi jalur alternatif ke Kabupaten Muara Enim dan Kabupaten Banyuasin. Warga pun terpaksa mencari jalur alternatif lain meski harus memutar arah lebih jauh.

Seorang warga, M Tohir mengatakan, akibat amblasnya jalan tersebut aktivitas warga lu,puh karena jalan tidak bisa dilalui kendaraan. “Warga terpaksa buat jalan alternatif lain supaya aktivitas tetap berjalan,” katanya.

BACA JUGA: Ratusan Pengendara Terjebak Longsor di Jalan Mamuju dan Mamasa



Tohir bersyukur saat kejadian tidak ada orang maupun pengguna jalan yang melintas di lokasi tersebut, sehingga tidak menimbulkan korban jiwa maupun luka. Tohir berharap Pemkab Muara Enim segera bergerak untuk menangani amblasnya poros jalan tersebut.


Editor : Kastolani Marzuki