Jembatan Penghubung 3 Desa di Muba Ambles, Aktivitas Warga Lumpuh

Edi Lestari ยท Senin, 26 November 2018 - 11:09 WIB
Jembatan Penghubung 3 Desa di Muba Ambles, Aktivitas Warga Lumpuh

Jembatan yang ambles di Desa Sumber Harum, Kecamatan Tungkal Jaya, Kabupaten Muba, Sumsel, Senin (26/11/2018). (Foto: iNews/Edi Lestari)

MUSI BANYUASIN, iNews.id – Jembatan sepanjang 15 meter yang menjadi penghubung tiga desa di Kabupaten Musi Banyusin (Muba), Sumatera Selatan (Sumsel), ambles sedalam 2 meter. Hal ini membuat aktivitas warga lumpuh karena jembatan tak dapat dilewati menggunakan kendaraan.

Video detik-detik jembatan ambles direkam oleh warga menggunakan telepon seluler (ponsel) saat hendak melintas. Kondisi jembatan di atas sungai yang melewati Desa Sumber Harum, Kecamatan Tungkal Jaya, Kabupaten Muba, sudah miring. Para pengendara sepeda motor dan mobil terpaksa memutar arah karena tidak mungkin lagi melewati jembatan itu.

Jembatan diduga ambles karena pengerjaan normalisasi sungai yang sangat dekat dengan jembatan. Terjangan air sungai yang deras akhirnya mengikis dan membuat tanah menjadi longsor sehingga jembatan ambles dan patah. Hingga kini, dinas terkait di Pemkab Muba belum turun untuk melihat kondisi jembatan.


BACA JUGA: 2 Jembatan Rusak Diterjang Banjir Bandang, Warga 5 Kecamatan Terisolir


Warga berharap pemerintah daerah segera memperbaiki jembatan itu karena menjadi akses utama bagi warga tiga desa. Saat ini warga sangat terganggu beraktivitas dan harus menggunakan jalan alternatif dengan jarak tempuh lebih jauh.

“Kami mohon untuk segera dibangun, diperbaiki karena jembatan ini merupakan akses utama di sini. Banyak warga desa yang melewati jembatan ini setiap hari,” kata warga Prasatiyo, Senin (26/11/2018).

Sementara Wakil Ketua DPRD Kabupaten Muba Edi Hariyanto bersama perangkat desa dan kepolisian setempat meninjau jembatan penghubung antardesa di Kecamatan Tungkal Jaya yang ambles. DPRD segera berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemkab Muba agar jembatan segera diperbaiki.

“Melihat kondisi jembatan, harus segera ada tindakan karena ini sangat vital bagi warga. Sebagai langkah awal mungkin segera mendirikan jembatan bailey (darurat). Untuk pembangunan fisik jembatan, mungkin akan kami prioritaskan di APBD 2020,” paparnya.


Editor : Maria Christina