Malam Minggu Ini, 9 Kabupaten di Sumsel Berpotensi Diguyur Hujan Petir

Antara ยท Sabtu, 24 November 2018 - 10:23 WIB
Malam Minggu Ini, 9 Kabupaten di Sumsel Berpotensi Diguyur Hujan Petir

Ilustrasi. (Foto: Koran Sindo)

PEKANBARU, iNews.id – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca hujan dengan intensitas tinggi disertai petir akan terjadi pada sembilan kabupaten di Sumatera Selatan (Sumsel), Sabtu (24/11/2018) malam ini.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi SMB II Palembang Bambang Benny Setiaji di mengatakan, sembilan kabupaten itu yakni Ogan Komering Ilir, Ogan Komering Ulu, Muaraenim, Penukal Abab Lematang Ilir, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Banyuasin, Musi Banyuasin dan Palembang.

"Masyarakat di sembilan kabupaten ini kami harap waspada. Sementara ada tiga kabupaten lain di Sumsel diprediksi berpotensi hujan sedang, yakni di wilayah Ogan Komering Ulu Timur, Ogan Ilir dan Prabumulih," katanya, Sabtu (24/11/2018).


BACA JUGA:

Waspadai Hujan Lebat Disertai Angin Kencang di Lampung

Cuaca Ekstrem, Warga Legok Dikejutkan Kemunculan Puluhan Ular


Dia memaparkan, perkiraan cuaca pada hari ini menunjukkan pagi hari umumnya sebagian besar wilayah cerah berawan, namun pada siang hari mulai berawan. Suhu udara wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Musi Banyuasin, Banyuasin, Ogan Ilir dan Ogan Komering Ilir diperkirakan 24 derajat celcius hingga 32 derajat celcius, kelembaban udara 60 persen hingga 98 persen.

Sementara suhu udara wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Empat Lawang, Lubuklinggau, Lahat, Pagaralam dan OKU Selatan berkisar 19 hingga 30 derajat celcius, dengan kelembaban udara 65 persen sampai 100 persen.

Angin yang berhembus dari barat daya barat laut dengan kecepatan 03 sampai 25 km per jam. Tinggi gelombang laut di Selat Gelasa, Selat Bangka bagian utara dan selatan 0,3 hingga 0,7 meter, sedangkan angin dari barat laut timur laut dengan kecepatan 6,15 knot.

Berdasarkan perkiraan cuaca hari ini, masyarakat diminta waspada akan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan kilat, serta angin kencang dengan durasi singkat pada siang hingga malam hari di sembilan kabupaten tersebut,” ujarnya.


Editor : Donald Karouw