Maling Kotak Amal Masjid, Pemuda di Palembang Bonyok Dihajar Massa

Mohammad David ยท Senin, 28 Januari 2019 - 12:24 WIB
Maling Kotak Amal Masjid, Pemuda di Palembang Bonyok Dihajar Massa

Terduga pelaku pencurian kotak amal masjid. (Foto: iNews/M David).

PALEMBANG, iNews.id - Nekat mencuri kotak amal masjid di Silaberanti, Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), seorang pemuda menjadi bulan-bulanan warga. Pelaku yang sudah babak belur langsung diamankan polisi.

Pemuda bernama Indra (24), warga Tanjung Raja, Kabupaten Ogan Ilir, diduga hendak mencuri uang di kotak amal Masjid Al Mukminin di Desa Silaberanti, Kecamatan Seberang Ulu Satu, Kota Palembang.

"Iya, kotak amal masjid sudah dirusak," kata seorang warga, Ali Muktar, kepada iNews di lokasi tersebut, Kota Palembang, Sumsel, Senin (28/1/2019).

BACA JUGA: Demi Biaya Anak di Pesantren, Pria di Palembang Curi Kotak Amal Masjid

Dia mengatakan, kronologi bermula saat dia menerima laporan dari warga, kalau ada orang yang berusaha mencongkel kotak amal masjid. Saat dia mendatangi lokasi, pelaku sudah terkepung massa.

Untungnya, beberapa warga lain segera merelai, sehingga nyawa Indra masih sempat terselamatkan. Dia langsung diamankan ke tempat wudu masjid, agar tak lagi menjadi bulan-bulanan warga.

"Belum tau berapa uang yang hilang, tapi memang sudah ada lubang di kotak amal," ujar dia.

BACA JUGA: Dituduh Curi Kotak Amal, Mahasiswa UIT Makassar Tewas Dianiaya Warga

Menurut Ali, kotak amal masjid di sana memang sudah beberapa kali kemalingan. Modusnya, pelaku berpura-pura menumpang istirahat atau salat di luar waktu berjemaah.

"Iya memang sering hilang. Tapi tidak tahu pelakunya sama atau berbeda," kata dia.

Pemuda ini sudah diamankan ke Mapolsek Seberang Ulu Satu, Kota Palembang. Sementara ini, polisi masih menyelidiki dugaan pencurian uang kotak amal di Masjid Al Mukminin yang dilakukan pelaku.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal