Medical Center Jakabaring Banjir Pujian Atlet Asing di Asian Games

Bambang Irawan ยท Kamis, 23 Agustus 2018 - 17:28 WIB
Medical Center Jakabaring Banjir Pujian Atlet Asing di Asian Games

Medical Center Jakabaring yang disiapkan untuk menangani kesehatan atlet dan offficial peserta Asian Games 2018. (Foto: iNews/Bambang Irawan)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

PALEMBANG, iNews.id – Kompleks Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), tak hanya menjadi lokasi berdirinya sejumlah venue pertandingan berkelas dunia. Di kawasan ini terdapat pusat pelayanan kesehatan atau medical center dengan fasilitas mewah dan megah.

Lokasi keberadaan gedung ini tak jauh dari wisma atlet Palembang. Medical center ini berfungsi menjadi pusat pelayanan kesehatan yang tak hanya diperuntukan bagi para atlet serta official negara peserta Asian Games 2018, tetapi juga untuk masyarakat yang sedang menonton pertandingan di JSC.

Medical and Dopping Departemen Medical Center JSC dr M Irfan mengatakan, di area medical center terdapat poliklinik yang beroperasi selama 24 jam. Poli ini didukung oleh tenaga dokter spesialis, laboratorium, radiologi, fisioterapi dan juga pusat pengendalian dopping, yang ada di lantai dua gedung tersebut.


BACA JUGA:

Raihan Medali Asian Games 2018, Indonesia Turun ke Peringkat 5

Berjuang Keras, Tim Bulu Tangkis Putra Raih Perak di Asian Games 2018


Dia menjelaskan, selain ketersediaan dokter, sejumlah peralatan emergency canggih dan moderen juga disiapkan sesuai dengan standarisasi dari Olympic Council of Asia (OCA), serta dibantu 600-an tenaga medis yang tersebar di sejumlah venue.

Bahkan menariknya, obat-obatan medis pun diberikan secara gratis bagi setiap atlet dan official, serta masyarakat umum jika mengalami ganguan kesehatan.

“Poliklinik ini kami persiapkan menjadi pusat rujukan awal bagi berbagai kasus penyakit di daerah Jakabaring. Dokter dan perawatnya selalu berjaga 24 jam penuh. Kami juga menyiapkan fisioterapis dan dokter spesialis,” kata Irfan, Kamis (23/8/2018).

Dalam operasionalnya, penanganan medis baik di setiap venue maupun di medical center bersifat sementara dan penolongan pertama. Jika terjadi hal yang berat, medical center telah bekerja sama dengan lima rumah sakit terbaik di Kota Palembang untuk rujukannya. Bahkan jika ada penanganan mendesak, disiagakan helikopter milik Basarnas Sumsel untuk mengevakuasi pasien dengan jarak tempuh ke rumah sakit terdekat hanya 10-15 menit.

Sementara itu, salah satu atlet asal India Kumar Ashok Akaash memuji pelayanan dan fasilitas medical center Jakabaring. “Saya sungguh puas dengan fasilitas pelayanan kesehatan di sini, tidak ada keluhan. Saya pikir memang bagus dengan adanya dokter spesialis,” kata atlet boling tersebut.


Editor : Donald Karouw