Panti Asuhan di Palembang Terbakar, Bocah 4 Tahun Tewas Terpanggang

Bambang Irawan ยท Sabtu, 16 Februari 2019 - 21:48 WIB
Panti Asuhan di Palembang Terbakar, Bocah 4 Tahun Tewas Terpanggang

Panti Asuhan Az-Zikri di Jalan Malaka IV, Palembang, Sumsel, terbakar, Sabtu (16/2/2019). (Foto: iNews/Bambang Irawan)

PALEMBANG, iNews.id – Kebakaran melanda sebuah panti asuhan di Jalan Malaka IV, Kelurahan Bukit Sangkal, Kecamatan Kalidoni, Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), Sabtu sore (16/2/2019). Seorang bocah berusia empat tahun yang merupakan penghuni panti ditemukan tewas terpanggang.

Rekaman video amatir memperlihatkan detik-detik Panti Asuhan Az-Zikri di Jalan Malaka IV terbakar. Api dengan cepat menghabiskan bangunan panti asuhan tersebut. Para anak-anak penghuni panti tampak histeris melihat api membakar seluruh bangunan.

Saat kejadian, pengurus panti asuhan tidak mengetahui masih ada anak di dalam. Hal ini baru diketahui saat petugas pemadam kebakaran melakukan pemadaman api. Mereka menemukan seorang anak tewas terpanggang di dalam lemari plastik dengan kondisi mengenaskan.

BACA JUGA:

Kebakaran Rumah di Tuban, Ibu Tewas Terbakar Anak Kritis

Terkunci di Kamar, Satu Keluarga di Tangerang Tewas Terbakar

Petugas pemadam kebakaran dibantu warga setempat langsung mengevakuasi korban dari bangunan yang terbakar. Jenazah selanjutnya dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Palembang untuk divisum.

Penjaga Panti Asuhan Az-Zikri, Hermita Yanti mengatakan, bocah yang tewas tersebut bernama Zidan. Saat kebakaran, korban diduga bersembunyi di dalam lemari plastik. Namun, penghuni lain diduga tidak mengetahuinya.

“Waktu kebakaran, anak-anak penghuni panti sedang menyaksikan kebakaran di luar. Mereka langsung berhamburan mencari air untuk memadamkan api,” kata Hermita Yanti.

Kanit Reskrim Polsek Kalidoni Palembang Ipda Heriyanto mengatakan, kebakaran diduga karena korban bermain api di panti asuhan. Saat kejadian, korban diduga ketakutan sehingga bersembunyi di dalam lemari plastik yang ada di ruangan tersebut. Nahas, korban ikut hangus terbakar dalam musibah itu.

“Kalau menurut keterangan pihak panti asuhan, mungkin korban tadi ketakutan sehingga dia sembunyi di lemari. Akhirnya korban ikut terbakar dan tidak bisa lagi diselamatkan,” kata Heriyanto.

Panti Asuhan Az-Zikri di Jalan Malaka IV yang terbakar menjadi tempat perlindungan sekitar 31 anak yatim piatu. Saat ini, belum diketahui nasib para anak yatim piatu tersebut.


Editor : Maria Christina