Petani Karet Diterkam Beruang, Warga Akan Ambil Tindakan Tegas

Amri Wijaya ยท Sabtu, 06 April 2019 - 07:47 WIB
Petani Karet Diterkam Beruang, Warga Akan Ambil Tindakan Tegas

Korban diterkam harimau di Empat Lawang. (Foto: iNews/Amri Wijaya).

EMPAT LAWANG, iNews.id - Seorang petani karet di Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan (Sumsel) diserang beruang liar saat sedang menyadap karet di kebunnya. Korban berhasil selamat, namun mengalami luka parah di bagian tangannya.

Korban, Sukma Jaya (35), warga Desa Lampar Baru, Kecamatan Tebing Tinggi, kini mendapat perawatan rumah sakit. Dia bersyukur masih bisa selamat, karena ada dua beruang madu besar yang tiba-tiba menyerangnya.

"Sempat terdengar suara dari semak-semak, saya pikir itu babi hutan. Lama-lama muncul beruang dan saya diterkam," kata Sukma kepada wartawan di RSUD Empat Lawang, Sumsel, Kamis (5/4/2019) malam.

BACA JUGA: Cerita Korban yang Selamat Setelah Diterkam Harimau di Indragiri Hilir

Dia mengatakan, sama sekali tidak curiga kalau ada beruang di daerah tersebut. Karena, hutan tempatnya biasa menyadap hasil karet hanya berjarak sekitar 500 meter dari permukiman warga.

"Itu dekat dengan perkampungan," kata adik korban, Sunjayadi.

Sejauh ini, kata dia, belum ada tindakan dari pihak pemerintah maupun BKSDA. Dia berharap, aparat yang berwenang dapat segera menangkap beruang tersebut, karena dinilai membahayakan masyarakat sekitar.

BACA JUGA: Warga Diterkam Harimau, BBKSDA: Di Sana Area Hutan Lindung

"Kalau tidak, kami akan bertindak untuk mengusir beruang tersebut, biar permukiman aman," katanya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal