Petugas PLN Potong Aliran Listrik Picu Kebakaran Rumah di Palembang

Guntur ยท Selasa, 25 September 2018 - 16:26 WIB
Petugas PLN Potong Aliran Listrik Picu Kebakaran Rumah di Palembang

Detik-detik peristiwa kebakaran di Jalan Mujahiddin, Kelurahan Talang Semut, Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (25/9/2018). (Foto: iNews/Guntur)

PALEMBANG, iNews.id - Sebuah rumah yang dihuni tiga kepala keluarga (KK) di Jalan Mujahiddin, Kelurahan Talang Semut, Palembang, Sumatera Selatan, hangus terbakar, Selasa (25/9/2018). Diduga kebakaran ini dipicu kelalaian petugas PLN saat memotong kabel aliran listrik di rumah salah seorang pelanggan yang menunggak pembayaran.

Detik-detik kebakaran terekam dalam video amatir yang diambil salah seorang warga. Rumah dua lantai yang atasnya berbahan kayu itu ludes dilalap si jago merah. Banyaknya bahan yang mudah terbakar di dalam rumah membuat api dengan cepat membesar.
 
Beruntung api dapat cepat dipadamkan oleh petugas pemadam yang datang ke lokasi. Akibat peristiwa ini, lantai dua rumah korban yang terbuat dari kayu hangus dimakan api.

Ketua RT setempat, Cek Tom menyebut, kebakaran disebabkan oleh petugas PLN yang memutus kabel aliran listrik yang ada di atas rumah korban. “Kabel potongannya masih terjuntai menempel di atap rumah hingga mengeluarkan api yang lalu membakar rumah korban,” ucapnya, Selasa (25/9/2018).

Sang pemilik rumah, Maimunah mengatakan, saat peristiwa itu terjadi dirinya tengan mengantarkan cucunya berobat ke tempat urut. Saat pulang, dia pun kaget lantaran rumahnya sudah hampir habis terbakar.

“Kami tidak tahu kejadiannya seperti apa. Tadi saya mengantar cucu yang sedang demam ke tempat urut. Bahkan, urutnya pun belum selesai. Tiba-tiba dikasih tahu rumah sudah terbakar,” kata Maimunah.

Tidak ada korban jiwa dari peristiwa ini. Namun total kerugian materil diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah. Sementara itu, pihak PLN setempat belum bisa dikonfirmasi mengenai peristiwa ini.


Editor : Himas Puspito Putra