Polda Sumsel Sambut Gembira Vonis Mati Bandar Narkoba Letto CS

Sindonews ยท Sabtu, 09 Februari 2019 - 12:12 WIB
Polda Sumsel Sambut Gembira Vonis Mati Bandar Narkoba Letto CS

Letto dan anggotanya saat baru ditangkap Polda Sumsel. (Foto: Sindonews/Berli Zulkanedi)

PALEMBANG, iNews.id - Vonis mati yang dijatuhkan majelis hakim terhadap bandar narkoba asal Jawa Timur Letto CS, pada Kamis (7/2/2018) mendapat apresiasi jajaran kepolisian di Polda Sumatera Selatan (Sumsel).

Diresnarkoba Polda Sumsel, Kombes Pol Farman mengatakan, kerja keras dari tim Jaksa yang menuntut Letto dengan hukuman mati, serta putusan majelis hakim sudah sangat tepat.

"Apa yang kami harapkan agar Letto Cs dijatuhi hukuman mati benar-benar terwujud, saya secara pribadi dan institusi sangat lega," kata Farman saat dikonfirmasi wartawan di Kota Palembang, Sumsel, Sabtu (9/2/2019).

Menurut dia, vonis ini menjadi peringatan bagi seluruh bandar narkoba, khususnya di berbagai daerah Provinsi Sumsel. Ditresnarkoba Polda tidak main-main dalam menindak para bandar, dan memberantas peredaran narkoba.

"Ini juga bentuk keseriusan kami untuk memberantas peredaran narkoba diwilayah Sumsel," katanya.

Diketahui Letto merupakan bandar narkoba asal Kota Surabaya, Jatim, yang mengambil sabu-sabu dan ekstasi dari Kota Palembang. Sebagian barang haram tersebut kemudian diedarkan ke wilayah Sumsel.

Pengungkapan kasus ini, kata Farman, memakan waktu penyelidikan cukup lama. Selain Letto polisi juga menangkap lima orang lainnya yang merupakan kaki tangannya.

Bandar antarprovinsi ini sempat mendekam di sel tahanan Polda Sumsel. Namun, dia pernah berupaya melarikan diri dari penjara dengan menjebol dinding, untungnya segera diketahui anggota yang berjaga.

Sebelumnya, Pengadilan Negeri Palembang memvonis mati delapan orang yang dinilai sebagai mafia narkoba. Letto CS ini disebut telah merusak generasi bangsa, sehingga hukuman maksimal yang dijatuhkan, yakni vonis mati.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal