Renovasi Stadion Gelora Jakabaring Palembang Dikebut Jelang Asian Games

Bambang Irawan ยท Selasa, 31 Oktober 2017 - 20:53 WIB
Renovasi Stadion Gelora Jakabaring Palembang Dikebut Jelang Asian Games

Pekerja menanami rumput di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang, untuk persiapan menjelang Asian Games 2018 mendatang. (Foto: iNews/Bambang Irawan)

PALEMBANG, iNews.id – Menjelang Asian Games 2018 mendatang, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan merenovasi Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang. Renovasi ditargetkan rampung pada akhir Desember 2017.

Pada Asean Games ke-18, stadion kebanggaan Wong Kito Galo ini akan menjadi venue perhelatan cabang olahraga (cabor) sepakbola wanita bersama Stadion Bumi Sriwijaya Palembang. Bagian stadion yang direhab, yakni tribun utara dan selatan.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengungkapkan, rencananya jumlah kursi penonton di stadion dengan luas lahan sekitar 40 hektare (ha) ini ditambah sengga menampung lebih banyak penonton. Dengan renovasi, stadion yang selama ini hanya mampu menampung 35.000 orang, nantinya bisa menampung 60.000 penonton pada ajang olahraga terbesar kedua setelah Olimpiade itu.

“Kami sudah melakukan rehab stadion, terutama pada sisi bangku penonton. Kami juga akan membuat bangku-bangku khusus single dari semula yang merupakan bangku panjang. Kini para pekerja sedang melakukan penanaman rumput dan pembenahan fasilitas di lapangan,” papar Alex Noerdin.

Alex Noerdin menambahkan, persiapan venue Asian Games hampir rampung dan ditargetkan selesai akhir tahun untuk menggelar serangkaian test event. Selama renovasi, Pemprov Sumsel melarang ada aktivitas lain di stadion tersebut. Bahkan, klub sepak bola kebanggaan warga Sumsel, Sriwijaya FC, yang biasanya berlatih dan bertanding di lokasi tersebut, terpaksa latihan di Stadion Bumi Sriwijaya. Dalam Asian Games nanti, Kota Palembang rencananya mendapat jatah 13 cabor dan selebihnya di Jakarta.


Editor : Maria Christina