Ribuan Rumah Warga di Musi Rawas Utara Sumsel Masih Terendam Banjir

Antara ยท Kamis, 21 Februari 2019 - 19:20 WIB
Ribuan Rumah Warga di Musi Rawas Utara Sumsel Masih Terendam Banjir

Ilustrasi banjir di Sumsel. (Foto: iNews.id/Dok)

MUSI RAWAS UTARA, iNews.id – Ribuan rumah warga di bantaran Sungai Rawas, Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan (Sumsel), masih terendam banjir, hingga Kamis (21/2/2019). Masyarakat tetap diminta tetap waspada karena curah hujan masih tinggi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Musi Rawas Utara Zulkifli di Muara Rupit mengatakan, dari lima kecamatan, saat ini tinggal satu kecamatan yang masih terendam banjir, yakni Kecamatan Rawas Ilir.

“Banjir terjadi sejak Jumat (15/2/2019). Namun, di beberapa kecamatan, banjir mulai surut,” kata Zulkifli.

Zulkifli mengatakan, di wilayah Kecamatan Rawas Ilir terdapat tujuh desa dan satu kelurahan yang masih banjir, yakni Desa Mandi Angin, Beringin Makmur I, Tanjung Raja, Belani, Batu Kucing, Pauh, Pauh I, dan Kelurahan Bingin Teluk.

BACA JUGA:

Ratusan Rumah di Kabupaten Pali Terendam Banjir

Ratusan Rumah di Paser Kaltim Nyaris Tenggelam akibat Banjir 2 Meter

Dari tujuh desa dan satu kelurahan itu, tercatat ada 1.802 rumah penduduk yang terdampak banjir dengan jumlah kepala keluarga sebanyak 2.572 KK. Namun, warga masih bisa menempati rumah-rumah mereka karena berjenis rumah panggung.

“Kondisi masyarakat yang menjadi korban banjir masih dalam kategori aman. Masyarakat juga sudah terbiasa dengan keadaan ini di saat musim hujan,” katanya.

Meski demikian, BPBD tetap meminta agar warga waspada karena debit air hujan sewaktu-waktu bisa meningkat. Banjir bisa terjadi sewaktu-waktu. “Berdasarkan perkiraan BMKG, musim hujan ini akan berlangsung hingga tiga bulan ke depan. Jadi warga diminta tetap waspada,” katanya.


Editor : Maria Christina