Ribuan Warga Prabumulih Pawai Obor Meriahkan Tahun Baru Islam

Berrie Brima ยท Selasa, 11 September 2018 - 08:32 WIB
Ribuan Warga Prabumulih Pawai Obor Meriahkan Tahun Baru Islam

Suasana pawai obor warga RW 02, Kelurahan Gunung Ibul, Kecamatan Prabumulih Timur, Kota Prabumulih, Sumsel. (Foto: iNews/Berrie Brima)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

PRABUMULIH, iNews.id – Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriah yang jatuh Selasa (11/9/2018) hari ini, diharapkan dapat menjadi momentum bagi umat muslim yang ada di Indonesia, dalam mesyiarkan ajaran Islam lebih baik lagi di masa yang akan datang.

Hal itu terlihat dalam kegiatan pawai obor yang diikuti ribuan masyarakat yang ada di Rukun Warga (RW 02), Kelurahan Gunung Ibul, Kecamatan Prabumulih Timur, Kota Prabumulih, Sumatera Selatan (Sumsel). Acara yang diselenggarakan dalam menyemarakan datangnya Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 H.

Pantauan iNews, selain diramaikan dengan pawai obor, tampak peserta juga semangat menabuh beduk dan bersalawat untuk mengajak warga yang dilalui rumahnya bersama-sama menyambut datangnya momentum tersebut.

Kegiatan pawai ini diikuti kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Bertujuan untuk memperkenalkan dan mengingatkan masyarakat Kota Prabumulih bahwa inilah tahun baru bagi umat muslim.


Ketua Koordinator Kegiatan Dinerson mengatakan, acara ini penting dilaksanakan untuk memberikan pemahaman dan mendidik sedini mungkin kepada anak-anak sebagai generasi penerus dalam mensyiarkan ajaran agama Islam.

“Kegiatan ini untuk menggalakan sebagai cikal bakal kegiatan agama Islam. Terutama memberikan pelajaran bagi anak-anak kita sehingga tahu ini Tahun Barunya Islam,” kata Dinerson, Selasa (11/9/2018).

Sebelum pawai, ribuan peserta mengikuti salat berjamaah dan mendengarkan tausiah dari ustaz mengenai makna dari Tahun Baru Islam. Selanjutnya, mereka berjalan mengeliling seluruh wilayah RW 02 di Kelurahan Gunung Ibul dengan kegembiraan.

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, kegiatan pawai obor tampak mendapat pengawalan ketat dari pihak kemanan, sekaligus pemuda masjid dalam mengatur arus lalu lintas dan menjaga barisan pawai. Peringatan Tahun Baru Islam dengan kegiatan pawai ini sudah menjadi agenda tahunan bagi masyarakat setempat.


Editor : Donald Karouw