Sita Sabu 7 Kg, BNNP Sumsel Tangkap Bandar Narkoba dan 2 Kurir

Antara ยท Rabu, 21 November 2018 - 19:20 WIB
Sita Sabu 7 Kg, BNNP Sumsel Tangkap Bandar Narkoba dan 2 Kurir

Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

PALEMBANG, iNews.id – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Selatan (Sumsel) menggagalkan penjualan narkoba jenis sabu 7 kilogram (Kg) di wilayah Kecamatan Tulung Selapan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Dalam operasi penangkapan itu, petugas menangkap satu tersangka bandar narkoba berinisial MM dan dua kurirnya IV dan GD.

“Pengungkapan kasus ini berdasarkan informasi dari masyarakat yang resah dengan adanya peredaran gelap narkoba di wilayah Kecamatan Tulung Selapan, Kabupaten Ogan Komering Ilir,” ujar Kepala BNNP Sumsel Brigjen Pol Jhon Turman Panjaitan, saat gelar perkara di kantornya, Rabu (21/11/2018).

Dia mengungkapkan, kronologi penangkapan berawal dari penyelidikan atas informasi masyakat tersebut pada Sabtu (17/11/2018). Petugas awalnya menemukan dua kurir (IV dan GD) yang dilaporkan masyarakat sedang mengendarai mobil Toyota Avanza.

BACA JUGA: Oknum Polisi dan 6 Warga Dumai Ditangkap saat Pesta Sabu di Bengkalis

Ketika petugas berusaha menghentikan kendaraan itu, tersangka mencoba menghindar dengan memundurkan mobilnya, namun dengan sigap dihentikan petugas. Hasil penggeledahan, ditemukan kotak kardus berisi tujuh paket sabu dalam plastic warna hijau. Setiap satu plastiknya berisi sabu seberat 1 Kg.

Hasil pengembangan dari kedua kurir sabu, petugas meringkus tersangka MM yang merupakan bandar narkoba. MM diciduk saat dalam perjalanan ke Pulau Bangka menggunakan kapal di Pelabuhan Penyeberangan Tanjung Api-Api, Kabupaten Banyuasin.

Pengungkapan kasus narkoba ini terus dilakukan untuk mengejar dua tersangka lainnya, yakni AD dan DB. “Kami sudah kantongi indentitasnya dua pelaku ini yang merupakan pemasok narkoba ke para tersangka,” kata Turman.

Selain menangkap tiga tersangka, petugas BNNP Sumsel juga menyita barang bukti sabu 7 Kg, satu unit mobil Toyota Avanza dan sebuah ponsel.


Editor : Donald Karouw