Telur Ayam Tak Layak Konsumsi Beredar di Prabumulih, Dijual dengan Harga Murah

Berrie Brima ยท Rabu, 27 November 2019 - 11:52 WIB
Telur Ayam Tak Layak Konsumsi Beredar di Prabumulih, Dijual dengan Harga Murah

Telur gagal menetas yang beredar di Prabumulih, Sumses. (Foto: iNews/Berrie Brima)

PRABUMULIH, iNews.id – Isu telur palsu membuat heboh sekaligus resah warga Prabumulih, Sumatera Selatan sepekan terakhir. Harga telur jauh lebih murah dan saat dibuka, teksturnya lebih cair dan tidak ada putihnya.

Telur palsu ini kabarnya dijual oknum pedagang di Pasar Pagi, Kelurahan Mangga Besar, Kecamatan Prabumulih Utara, Kota Prabumulih. Warga dapat membelinya dengan harga Rp7.000 per kilogram.

Harga telur ayam di pasaran berkisar Rp21.000 per kilogramnya. Lantaran harganya yang murah, membuat warga menduga telur tersebut palsu.

Tim satuan dari Dinas Perternakan dan Perdaganggan Kota Prabumulih, mengecek langsung telur-telur yang diduga palsu tersebut. Menurut Kabid Dinas Peternakan dan Kesehatan, Iswan Hadi, telur tersebut memang tidak layak dikonsumsi.

BACA JUGA: Telur Mengandung Dioksin, DPRD: Jangan Panik, Lebih Baik Pemprov Urus Sampah Plastik

“Telur tersebut merupakan telur yang sedianya ditetaskan untuk dijadikan ayam pedaging, namun gagal menetas,” katanya.

Iswan menduga, telur-telur gagal menetas ini dimanfaatkan oleh oknum dan menjualnya ke masyarakat sebagai telur konsumsi. Telur gagal menetas ini seharusnya dimusnahkan.

Jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama dan dalam jumlah yang banyak, menurut Iswan akan sangat berbahaya bagi kesehatan. Dia berharap pihak berwajib segera menindak oknum pedagang yang masih menjual telur yang tak layak konsumsi tersebut.


Editor : Umaya Khusniah