Temukan Ribuan Saksi TPS Tak Terdaftar DPT, Perindo Datangi KPU Sumsel

Bambang Irawan ยท Selasa, 12 Maret 2019 - 16:36 WIB
Temukan Ribuan Saksi TPS Tak Terdaftar DPT, Perindo Datangi KPU Sumsel

Ketua DPW Perindo Sumsel Febuar Rahman saat menunjukkan data saksi TPS yang berbeda dengan TPS tempatnya bertugas. (Foto: iNews/Bambang Irawan)

PALEMBANG, iNews.id – Ketua DPW Perindo Sumatera Selatan Febuar Rahman mendatangi kantor KPU Sumsel di Jakabaring, Palembang, Selasa (12/3/2019). Kedatangannya untuk menyampaikan temuan data ribuan saksi TPS yang tak terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT).

Hal ini terjadi setelah pihaknya melakukan pengecekan secara manual ke website KPU RI dan menemukan ribuan saksi TPS Partai Perindo tidak terdaftar dalam DPT. Temuan itu membuatnya resah karena dinilai merugikan kinerja partai dan perolehan suara.

Bahkan, kondisi itu terjadi hampir di seluruh kabupaten/kota di Sumsel. Ketidaksinkronan ini juga membuat dirinya bingung memetakan saksi TPS yang bertugas pada 17 April 2019 mendatang. Jika data tak segera diperbaiki, hal ini tentu memberi kerugian perolehan suara partai besutan Hary Tanoesoedibjo tersebut.

“Saksi TPS kami tidak terdaftar di DPT tempatnya bertugas. Ini tentu merugikan  perolehan suara,” ujarnya, Selasa (12/3/2019).

BACA JUGA: Perindo Sumsel Optimistis Geser Dominasi Caleg Petahana di Pileg 2019

Dia meminta data tersebut segera diperbaiki, pasalnya internal partai sudah meminta data saksi demi persiapan pengamanan suara Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

“Kami sudah tanyakan ke KPU dan menerima jawaban hal itu terjadi karena persolan data yang belum sinkron. Kami tentu harapkan hal seperti dapat secepatnya di-update (perbaiki),” kata Februar.

Divisi Sosialisasi KPU Sumsel Amrah Muslimin menjelaskan, ketidaksinkronan data terjadi karena data di website KPU RI belum terupdate setelah penyempurnaan DPT beberapa waktu lalu. Pihaknya juga telah meminta kerja sama Partai Perindo untuk sama-sama lakukan cek dan ricek ke operator di kabupaten/kota.

“Kami mengapresiasi masukan Partai Perindo untuk menjadilan pemilu serentak berkualitas. Kami berjanji segera menyelesaikan permasalahan ini,” ujar Amrah.


Editor : Donald Karouw