Turuti Kemauan Pacar Berfoya-foya, Pemuda Ini Bobol Ruko di Baturaja dan Gondol Uang Rp100 Juta

Widori Agustino ยท Sabtu, 30 November 2019 - 10:20 WIB
Turuti Kemauan Pacar Berfoya-foya, Pemuda Ini Bobol Ruko di Baturaja dan Gondol Uang Rp100 Juta

Pelaku pembobol ruko, Juhari, ditangkap polisi. (Foto: iNews/Widori).

BATURAJA, iNews.id - Seorang pemuda nekat membobol ruko empat lantai kawasan kota Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan (Sumsel). Pelaku membawa kabur uang Rp100 juta, hanya demi memenuhi keinginan sang pacar.

Namun belum sempat membahagiakan pujaan hati, pelaku Jahuri (28) keburu ditangkap Unit Reskrim Polsek Baturaja Timur. Bahkan, polisi terpaksa melumpuhkan tersangka karena dia berusaha kabur saat akan ditangkap.

"Untuk pacar saya, karena dia selalu minta uang buat beli baju, ponsel, sampai makan harian. Kontrakan juga saya yang bayar setiap bulannya," kata pelaku Jahuri kepada wartawan di Mapolsek Baturaja Timur, Kabupaten OKU, Sumsel, Sabtu (30/11/2019).

BACA JUGA: Polisi Tangkap 4 Maling Spesialis Rumah Kosong di Sleman, 1 Ditembak

Keseriusan pelaku tampaknya tak digubris oleh kekasihnya itu. Sebab, dia selalu menolak setiap kali diajak nikah oleh Jahuri. Bahkan, di mana rumah orang tuanya saja, perempuan tersebut enggan bercerita.

Kapolres OKU, AKBP Tito Travolta mengatakan, korban merupakan pencuri spesialis ruko. Sebab dia mampu membobol dua ruko yang terletak berdekatan di Kelurahan Sukaraya, Kecamatan Baturaja Timur.

"Hasil pencurian itu dipakai untuk foya-foya. Dia membeli dua unit ponsel seharga Rp5 juta, dan motor merk Yamaha N-Max sekitar Rp20 juta - Rp30 juta. Pacarnya juga dikasih uang Rp50 juta," ujar dia.

Menurut dia, sudah dua kali melakukan aksi pencurian ini. Pertama kali pada Oktober lalu, dan yang kedua baru-baru di kawasan yang sama, kota Baturaja. Namun pelaku akhirnya dapat diidentifikasi dan ditangkap oleh polisi.

BACA JUGA: Gara-Gara Incar Helm di Rumah Kos, 2 Pencuri Bertato Babak Belur Dihajar Massa

Modus pelaku yakni dengan pura-pura bekerja selama beberapa hari di ruko yang akan diincarnya. Ketika itu, dia mempelajari kondisi toko sekaligus mencari celah masuk, di antaranya dengan memotong teralis ruko.

"Pelaku melakukan aksi seorang diri. Dia juga memanjat hingga ke lantai empat ruko tanpa alat bantu," kata Tito.

Dari ruko tersebut, pelaku kembali membawa kabur uang senilai Rp35 juta. Namun uang tersebut belum sempat dipakai untuk berfoya-foya dengan pacarnya, karena polisi lebih dulu menangkap Jahuri.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal