Keluarga Tak Percaya Yusuf Rangkuti Terlibat Jaringan Teroris

Adi Palapa Harahap · Kamis, 17 Mei 2018 - 02:06 WIB
Keluarga Tak Percaya Yusuf Rangkuti Terlibat Jaringan Teroris

Ayah terduga teroris di depan rumahnya, Jalan Pukat Satu, Kecamatan Medan Tembung, Medan, Sumut. (Foto: iNews/Adi Palapa Harahap)

MEDAN, iNews.id – Keluarga terduga teroris M Yusuf Rangkuti yang diamankan Tim Densus 88 Antiteror Polri di Medan, Sumatera Utara (Sumut), tak percaya putranya terlibat dalam jaringan teroris.

M Yusuf diamankan pada Selasa (15/5/2018) di simpang Sei Sikambing, Sekip, Medan, saat mengendarai sepeda motor. Tim kemudian membawa pria berusia 28 tahun yang sehari-hari bekerja sebagai tukang ojek ini ke rumahnya di Jalan Pukat Satu, Gang Sekolah, Kecamatan Medan Tembung. Dari rumah orang tuanya, petugas menyita barang bukti sejumlah dokumen.

Penangkapan M Yusuf membuat keluarga syok, terutama sang ayah Zulfahri Rangkuti. Saat rumahnya digeledah petugas, pria 53 tahun ini hanya bisa pasrah. Selama ini, keluarga tidak mengetahui kegiatan Yusuf selain menjadi tukang ojek. Mereka tidak percaya kalau anak ketiga dari tujuh bersaudara itu terlibat dalam kelompok teroris.

“Dia pagi dan siang ngojek. Setelah pulang di rumah. Aku nggak tahu dia ikut apa, yang tahu aku dia di rumah aja dan ngojek. Itu aja. Mudah-mudahan dia nggak terkait dengan apa yang dituduhkan polisi,” kata Zulfahri Rangkuti, Rabu (16/5/2018).

Sementara itu, Kepala Lingkungan setempat Ahmad Harahap mengatakan, dia tidak mengetahui ada warganya yang ditangkap Selasa sore lalu. Namun, informasi yang dia peroleh, Tim Densus 88 Antiteror Polri menggeledah kediaman orang tua M Yusuf dan menemukan sejumlah barang bukti milik Yusuf.

“Waktunya saya ingat selepas magrib, saya pun sebenarnya terlambat. Saya pas beli makanan di depan. Jadi saya ditelepon sama Babinkamtibmas kami Pak Mustafa agar segera datang. Pas saya datang, sudah ramai polisi di dalam melakukan penggeledahan. Setahu saya yang dibawa itu Alquran, buku-buku dan catatan-catatan,” kata Ahmad Harahap.

Informasi sebelumnya menyebutkan, selain mengamankan M Yusuf Rangkuti, Densus 88 juga mengamankan rekannya inisial SL warga Jalan Semenanjung Pasar 4 Desa Sampali, Kecamatan Percut Sei Tuan, Medan.


Editor : Maria Christina