Jabatan Erry Berakhir, Sekda Provinsi Sabrina Jadi Plh Gubernur Sumut

Stepanus Purba ยท Senin, 18 Juni 2018 - 17:15 WIB
Jabatan Erry Berakhir, Sekda Provinsi Sabrina Jadi Plh Gubernur Sumut

Sabrina saat dilantik Tengku Erry Nuradi sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Sumut. (Foto: IST)

MEDAN, iNews.id – Masa jabatan Tengku Erry Nuradi dan Nurhajizah Marpaung sebagai gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara (Sumut) resmi berakhir pada Minggu 17 Juni 2018. Untuk memastikan tidak terjadi kekosongan pemerintahan, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumut Sabrina ditunjuk oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menjadi pelaksana harian (plh) gubernur Sumut.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri Bahtiar Baharuddin memastikan Kemendagri sudah mengirim telegram tentang pengangkatan Sabrina menjadi plh gubernur Sumut ke Pemprov Sumut. “Sesuai undang-undang, untuk mengisi kekosongan jabatan, sekretaris daerah provinsi Sumut ditunjuk menjadi plh gubernur Sumut. Saya tidak ingat nomor telegramnya, yang jelas sudah dikirimkan,” ujar Bahtiar ketika dihubungi wartawan, Senin (18/6/2018).

Sabrina akan menjabat sebagai plh gubernur sampai ada penjabat (pj) gubernur Sumut yang ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi). Saat ini, pihak Istana sudah menggodok nama-namanya dan tinggal menunggu keputusan presiden (Keppres). Namun, Bahtiar mengaku tidak tahu pasti kapan Presiden menunjuk resmi pj gubernur Sumut.

“Sudah digodok istana pj gubernur Sumut, tinggal menunggu Keppres turun. Memang ada beberapa nama yang diusulkan menteri untuk menjadi Pj Gubernur,” ucapnya. Namun, dia tidak bersedia menyebut siapa nama yang diusulkan itu.

BACA JUGA: Erry Akhiri Tugas Gubernur Sumut, Ini Pujian dan Kritik Bupati Sergai

Sementara itu, Tengku Erry Nuradi yang baru saja mengakhiri masa jabatannya berharap Sabrina yang ditunjuk sebaga plh gubernur Sumut dapat menjaga hal-hal baik yang ada di Sumut, sebelum rakyat Sumut menentukan gubernurnya untuk periode 2018-2023 mendatang. Tak hanya itu, Erry juga berharap agar PNS di lingkungan Pemprov Sumut tetap meningkatkan profesioanalitas dalam bekerja.

“Siapa pun pemimpinnya nanti, agar tetap profesional dalam bekerja. Jangan bekerja hanya untuk mencari muka. Kalau profesional pasti dipakai,” ujar Erry.

Plh Gubernur Sumut sekaligus Sekda Provinsi Sumut Sabrina mengatakan siap menjalankan amanah untuk memimpim roda pemerintahan di Sumut. Dia dan para pejabat di Pemprov Sumut akan berusaha mempertahankan hal yang sudah baik.

“Kami akan meneruskan tugas dan program yang belum sempat diselesaikan oleh Tengku Erry Nuradi semasa menjadi gubernur. Kami juga akan meningkatkan komunikasi dengan gubernur dan wakil gubernur Sumut yang terpilih nanti,” ujar Sabrina.


Editor : Maria Christina