Viral 2 Oknum Polisi di Medan Asyik Nyabu, Ini Kata Pengamat Hukum

Devis Karmoy ยท Kamis, 06 September 2018 - 11:57 WIB
Viral 2 Oknum Polisi di Medan Asyik Nyabu, Ini Kata Pengamat Hukum

Gedung Kantor Mapolrestabes Medan di Jalan HM Said. (Foto: iNews/Devis Karmoy)

MEDAN, iNews.id – Jagat maya kembali digemparkan dengan ulah dua oknum anggota Polri yang sedang asyik memakai narkoba jenis sabu. Aksi yang diketahui dilakukan oknum anggota polisi di Medan, Sumatera Utara (Sumut) itu telah mencoreng dan merusak citra institusi Polri.

Dalam video pendek berdurasi 15 detik, kedua oknum polisi diperlihatkan sedang mengisap sabu di salah satu rumah yang diduga milik bandar narkoba. Rekaman itu diambil pada akhir Agustus 2018 dan telah beredar luas di kalangan masyarakat.

Informasi yang dirangkum iNews, identitas kedua oknum polisi itu yakni Bripka HG yang bertugas sebagai provos di Polsek Medan Helvetia dan Aiptu T anggota Polsek Medan Area. Bahkan oknum Aiptu T disebut-sebut menjadi bandar sabu di salah satu gang di Jalan Suka Rame, Kecamatan Medan Area.

Menyikapi fenomena oknum polisi nyabu yang meresahkan masyarakat, pengamat hukum yang juga pengajar Pascasarjana Ilmu Hukum Universitas Sumatera Utara (USU) Mirza Nasution angkat bicara saat diminta tanggapannya.

Dia menilai, isu ini menjadi penting dan krusial karena negara, khususnya institusi Polri sedang bekerja memerangi narkoba. Hal itu tentu sangat disayangkan karena penegak hukum yang seharusnya menjadi teladan justru terlibat dalam penyalahgunaan narkoba.

“Ini sifatnya kasuistik melibatkan oknum. Namun hukum perlu ditegakkan secara pasti dan adil. Polri sudah punya niat dan tekad memerangi narkoba, jadi kita menunggu ketegasan dan konsistensinya agar masyarakat masih bisa percaya kepada Polri,” ujar Mirza, Rabu (5/9/2018).

Hasil pengembangan saat ini, kasus kedua oknum polisi yang viral saat nyabu itu kini telah diambil alih Propam Polda Sumut. “Keduanya sudah kami periksa dan proses secara kode etik. Kita tunggu saja hasilnya,” kata Kasubid Penmas Humas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan.


Editor : Donald Karouw