Protes Jalan Rusak, Warga Mandailing Natal Tanam Pohon di Tengah Jalan

Liansah Rangkuti ยท Minggu, 09 September 2018 - 10:34 WIB
Protes Jalan Rusak, Warga Mandailing Natal Tanam Pohon di Tengah Jalan

Pohon pisang yang ditanam warga di Jalur Jalinsum sebagai protes kerusakan jalan. (Foto: Okezone/Lianshah Rangkuti)

MADINA, iNews.id – Ada pemandangan yang menarik saat melintasi di Jalan lintas Sumatera (Jalinsum), tepatnya di kawasan Kelurahan Pasar Maga, Kecamatan Lembah Sorik Marapi, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara ( Sumut). Di tengah badan jalan, tertanam sebatang pohon pisang di jalur trans Sumatera tersebut.

Pohon pisang itu sengaja ditanam itu sebagai ganti rambu-rambu waspada bagi pengguna jalan dan sekaligus bentuk protes terhadap pemerintah. Hal itu lantaran belum adanya tindakan terhadap kondisi badan jalan yang rusak parah dengan lubang menganga.

"Kami terganggu dengan kondisi jalan seperti itu. Apalagi, jalan rusak itu di persimpangan jalan dan tepat berada di depan pasar. Ini sangat membahayakan bagi pengguna jalan," kata Numairi Lubis, salah seorang warga yang sedang melintasi, Minggu (9/9/2018).

Warga khawatir akan kondisi jalan rusak ini mengancam pengendara yang melintas dan berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan. Apalagi, ini menjadi satu-satunya akses penghubung Kabupaten Madina dengan kabupaten Pasaman di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Jadi jalan ini selalu ramai dengan kendaraan,” ujarnya.

Dia berharap, pemerintah segera berkoordinasi agar secepatnya memperbaiki jalan yang rusak tersebut. "Ya jangan sampai tambah parah, segerahlah Pemda ambil tindakan perbaiki jalan ini,” tuturnya.


Editor : Donald Karouw