Soal Pilihannya di Pilpres 2019, Edy Rahmayadi: Kita Tanya Warga Sumut

Said Ilham ยท Senin, 10 September 2018 - 17:49 WIB
Soal Pilihannya di Pilpres 2019, Edy Rahmayadi: Kita Tanya Warga Sumut

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi didampingi Wagub Musa Rajekshah memberi keterangan pada wartawan di Gedung DPRD Sumut, Senin (10/9/2018). (Foto: iNews/Said Ilham)

MEDAN, iNews.id – Sejumlah kepala daerah di Indonesia telah menyatakan sikap secara tegas terkait pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang akan didukung di Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 nanti. Namun, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi tampaknya belum memutuskan apakah akan mendukung Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma'ruf Amin atau pasangan Prabowo-Sandiaga Uno.

Edy Rahmayadi yang ditemui usai menyampaikan pidato pertamanya pascadilantik sebagai gubernur Sumut, di hadapan seluruh anggota DPRD Sumut mengatakan, dia masih akan melihat perkembangan pilihan warga Sumut. Siapa yang paling banyak didukung di Sumut, maka pasangan capres dan cawapres itu yang akan dia dukung.

“Saya sekarang gubernur Sumut. Pilpres itu kan nanti di bulan April. Nanti kita tanya dulu semua orang Sumut berjumlah 14 juta, 10 juta pemilih. Nanti mana yang paling banyak, di situ kita dukung,” kata Edy di Gedung DPRD Sumut, Senin (10/9/2018).

BACA JUGA:

Tiba di Kualanamu, Edy Jelaskan Program 100 Hari Pemerintahannya

Baru Sehari Menjabat, Edy-Ijeck Didemo Walhi soal PLTU Pangkalan Susu

Namun, ketika wartawan kembali menanyakan sikapnya di Pilpres 2019, dia mengatakan akan bersikap netral atau tidak akan mendukung salah satu pasangan calon. Dia beralasan, partai politik yang mendukung Jokowi dan Prabowo, sama-sama mendukungnya dan Musa Rajekshah di Pemilihan Gubernur (Pilgub) lalu.

Diketahui pada Pilgub 2018 lalu, Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah mendapat dukungan dari 10 partai politik.

“Yang mendukung saya, yang mengusung saya 10 partai. Di dalam 10 partai itu, enam partai mendukung Pak Jokowi dan 4 partai mendukung Pak Prabowo. Untuk itu saya berada di tengah-tengah,” kata Edy. 

Adapun enam partai politik yang menyatakan mendukung Jokowi-KH Ma’ruf Amin di Pilpres 2019 dan sebelumnya mengusung pasangan Edy-Ijeck saat Pilgub Sumut 2018, yakni Partai Perindo, Partai Golkar, NasDem, Partai Hanura, PKB, dan PKPI.

Sementara empat parpol yang mendukung Prabowo-Sandiaga Uno di Pilpres 2019 dan sebelumnya mendukung Edy-Ijeck yakni, Partai Gerindra, PKS, PAN, dan Partai Demokrat.


Editor : Maria Christina