Kantor Dinas Pemberdayaan Desa Pemkab Mandailing Natal Ludes Terbakar

Liansah Rangkuti ยท Rabu, 12 September 2018 - 12:24 WIB
Kantor Dinas Pemberdayaan Desa Pemkab Mandailing Natal Ludes Terbakar

Kondisi bangunan Kantor Dinas PMD Pemkab Madina yang terbakar Rabu (12/9/2019) pagi. (Foto: Okezone/Lianshah Rangkuti)

MANDAILING NATAL, iNews.id – Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara (Sumut), yang terletak di wilayah Perkantoran Paya Loting, ludes terbakar, Rabu (12/9/2018). Nyaris seluruh alat kantor dan dokumen penting lainnya dilalap si jago merah dalam peristiwa tersebut.

Informasi yang dirangkum iNews, api pertama kali kali dilihat pukul 04.00 WIB. Petugas Pemadam Kebakaran (Dakmar) yang mendapat informasi langsung menuju tempat kejadian perkara (TKP) kebakaran. Saat tiba, kondisi api sudah membakar seisi ruang Kantor Dinas PMD tersebut.

Upaya pemadaman dilakukan untuk mengantisipasi api meluas ke gedung Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) yang letaknya saling bersebelahan. Setelah satu jam berjibaku, api dapat dipadamkan namun nyaris seluruh isi gedung ludes terbakar.


BACA JUGA:

Kebakaran Ruko di Makassar, Ayah dan Anak Tewas Terjebak Kobaran Api

Hutan di Kawasan Gunung Sumbing Temanggung Terbakar


"Semuanya habis, baik yang ada di ruangan saya maupun di ruangan lainnya. Saya  belum dapat informasi soal sumber api. Kejadian ini sudah dilaporkan ke polisi,” kata Kepala Dinas PMD Madina Iqbal di kebakaran, Rabu (12/9/2018).


Dugaan sementara, penyebab timbulnya api disebabkan korsleting listrik, Hal itu terlihat dari sisa bangunan yang terdampak kenakaran. "Ya kalau lihat bekas puing-puing yang ada kemungkinan disebabkan arus pendek listrik,” ucap sejumlah PNS di TKP.

Diketahui, Kantor PMD merupakan instansi perangkat daerah yang mengurusi masyarakat di pedesaan. Tidak menutup kemungkinan banyak berkas terkait pencairan Dana Desa (DD) ikut ludes terbakar, selain itu ada juga berkas penting terkait pemutahiran data PNS dan nonPNS.


Editor : Donald Karouw