Parpol Koalisi Jokowi-Ma'ruf Amin Sepakat Bentuk Tim Kampanye di Sumut

Stepanus Purba · Rabu, 12 September 2018 - 13:37 WIB
Parpol Koalisi Jokowi-Ma'ruf Amin Sepakat Bentuk Tim Kampanye di Sumut

Para fungsionaris pimpinan partai koalisi pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin tingkat Sumatera Utara. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNews.id - Sejumlah fungsionaris partai politik (parpol) pengusung calon presiden dan wakil presiden pasangan Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin, sepakat untuk membentuk tim kampanye pemenangan tingkat provinsi di Sumatera Utara (Sumut). Kepastian itu berdasarkan hasil pertemuan di Lembah Kuring, Selasa (11/9/2018).

Sekretaris DPD PDIP Sumut Soetarto mengatakan, pertemuan kedua itu menyepakati pembentukan struktur Tim Kampanye Provinsi (TKP) untuk memenangkan pasangan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin.

"Jadi telah disepakati pembentukan tim kampanye provinsi yang mengikuti struktur serta aturan tim kampanye nasional (TKN)," ujar Soetarto, Rabu (12/9/2018).

Dia menjelaskan, telah dibentuk tim kecil yang disebut perumus untuk menyeleksi nama-nama yang akan mengisi struktur TKP.  Menurutnya, nama-nama tersebut tidak berasal dari kepartaian saja, melainkan dari unsur profesional, akademisi dan ditempatkam sesuai spesialisasi serta keahliannya.

"Kami juga telah memutuskan ketua tim kampanye nantinya berasal dari golongan nonpartai dan sekarang masih tahap menjaring para kandidat yang akan dicalonkan," katanya.


BACA JUGA:

Soal Pilihannya di Pilpres 2019, Edy Rahmayadi: Kita Tanya Warga Sumut

Arya Sinulingga Hadiri Peletakan Batu Pertama Masjid Taqwa di Karo


Soetarto mengungkapkan, seluruh sekretaris partai pengusung akan dilibatkan menempati posisi wakil ketua dan wakil sekretaris.

"Dalam pertemuan itu saya diputuskan menjadi sekretaris tim kampanye. Saya akan bekerja sama dengan Sekretaris DPD Golkar Sumut Irham Buana dan para sekretaris partai lainnya untuk menyusun sejumlah nama yang akan mengisi struktur," ucapnya.

Sementara nama pucuk pimpinan TKP masih akan didiskusikan dan dikomunikasikan bersama para tokoh masyarakat serta para ketua partai. "Semua fungsionaris hadir di sini, namun Pak Tengku Erry dari Nasdem berhalangan hadir dan diwakili sekretarisnya. Begitu juga dengan Bang Dolly dari Golkar dan Bang Kodrat Shah dari Partai Hanura. Namun saya sudah berkomunikasi dengan sekretarisnya Edison Sianturi. Sementara untuk PPP diwakili Sekretaris Jafarudin Harahap" kata Soetarto.

Senada disampaikan Sekretaris DPD Golkar Sumut Irham Buana Nasution. Dia menuturkan, dalam beberapa hari ke depan, akan menyelesaikan nama-nama yang akan mengisi daftar TKN Sumut beserta seluruh strukturnya.

"Tim ini tidak hanya diisi oleh kalangan parpol saja namun diisi oleh profesional, kalangan pemuda, LSM, akademisi, aktivis dan lainnya," kata Irham.

Alasan melibatkan golongan nonpartai menurutnya karena figur Jokowi bukanlah milik parpol semata. Orang nomor satu di Indonesia itu milik seluruh rakyat Indonesia. "Setelah struktur selesai, kami akan membahas masalah kesekretariatan TKP dan metode program sosialisasi karena Sumut ini sangat luas dan perlu strategi khusus untuk menjangkaunya agar lebih solid," ujarnya.

Setelah nama-nama ditentukan, nantinya akan diserahkan ke TKN yang ada di Jakarta. Diketahui, dalam pertemuan ini dihadiri oleh ketua dan sekretaris dari sembilan partai pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin, yakni PDIP, PPP, PKB, Golkar, NasDem, Perindo, PSI, PKPI, dan Partai Hanura.


Editor : Donald Karouw