Pemkot Medan Bongkar Lapak Pedagang yang Berjualan di Badan Jalan

Stepanus Purba ยท Kamis, 13 September 2018 - 11:32 WIB
Pemkot Medan Bongkar Lapak Pedagang yang Berjualan di Badan Jalan

Personel gabungan membongkar lapak para pedagang di Jalan Aksara, Medan. (Foto: iNews.id/Stepanus Purba)

MEDAN, iNews.id - Ratusan personel gabungan dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (P3SU), Dinas Bina Marga, TNI dan Polri membongkar lapak pedagang eks Pasar Aksara Plaza yang selama ini berdiri di badan Jalan Aksara, Medan, Sumatera Utara (Sumut), Kamis (13/9/2018).

Pembongkaran tersebut sempat mendapatkan penolakan dari para pedagang Aksara. Mereka bahkan sudah berjaga sejak malam begitu mendengar akan ada penggusuran dari Pemerintah Kota (Pemkot) Medan. Namun upaya para pedagang tampaknya tidak membuahkan hasil karena jumlah personel gabungan cukup banyak.

"Mau gimana lagi, mereka banyak kali. Kalah jumlah kami," kata salah satu pedangang pakaian yang kiosnya dibongkar, Manihuruk.

Pedagang lainnya, Hamidah juga mengaku hanya bisa pasrah dan meratapi lapak miliknya dibongkar oleh petugas Satpol PP. Dia mengaku sebelumnya sudah lama berjualan di eks Pasar Aksara yang terbakar.

"Saya sebelumnya sudah jualan di Pasar Aksara selama 20 tahun. Namun sejak pasar terbakar dan pemkot gak bangun pasar, kami nekat berjualan di badan jalan untuk mencari makan," ujar Hamidah.

Menurut Hamida, sebelumnya Pemkot Medan akan merelokasi para pedagang. Namun mereka menolak lokasi tersebut karena dianggap tidak layak untuk berjualan.

"Katanya kami mau dipindahkan ke terminal, ada lapak 1x1,5 meter, tapi bangun sendiri. Bisa apa dengan tempat 1x1,5 meter itu," katanya.


Editor : Muhammad Saiful Hadi