Demo Massa HMI di Gedung BI Medan Ricuh, Massa Desak Menkeu Dicopot

Said Ilham ยท Kamis, 13 September 2018 - 17:08 WIB
Demo Massa HMI di Gedung BI Medan Ricuh, Massa Desak Menkeu Dicopot

Massa HMI UIN Sumatera Utara saat berunjuk rasa mendesak pemerintah segera menstabilkan nilai tukar rupiah di depan Gedung BI Medan, Kamis (13/9/2018). (Foto: iNews.id/Said Ilham)

MEDAN, iNews.id – Unjuk rasa ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara terkait terpuruknya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) di depan Kantor Bank Indonesia (BI) Medan dirwanai kericuhan, Kamis (13/9/2018).

Kericuhan terjadi saat ratusan mahasiswa memaksa masuk ke Gedung BI di Jalan Wali Kota dan dihalang-halngi aparat keamanan yang mengamankan aksi demonstrasi tersebut.

Sambil berteriak “Buka, buka pintur gerbang” mereka terus merangsek maju. Aksi saling dorong antara massa HMI dengan aparat pun tak tehindarkan. Massa juga terlibat adu mulut dengan petugas keamanan. Kericuhan mereda setelah setelah perwakilan BI Medan bersedia menemui massa.

BACA JUGA: Demo Mahasiswa Berlangsung Ricuh di Kantor DPRD Jember



Dalam orasinya, ratusan mahasiswa mengecam sikap pemerintah dan BI yang dinilai tidak mampu melakukan perbaikan dan menstabilkan perekonomian Indonesia. Hal itu berdampak melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. “Pemerintahan Jokowi tidak bisa menstabilkan ekonomi. Pecat menteri keuangan,” teriak pendemo.



Aksi massa HMI di Jalan Wali Kota Medan itu membuat arus lalu lintas mengalami kemacetan. Polisi kemudian berupaya mengurai kepadatan dengan menggiring massa agar tidak menutupi badan jalan.


Editor : Kastolani Marzuki