Otmil I-02 Medan Musnahkan Barang Bukti Hasil Kejahatan Oknum TNI

Stepanus Purba ยท Jumat, 14 September 2018 - 13:10 WIB
Otmil I-02 Medan Musnahkan Barang Bukti Hasil Kejahatan Oknum TNI

Petugas Otmil I-02 Medan menunjukkan barang bukti kejahatan oknum TNI. (Foto: iNews.id/Stepanus Purba)

MEDAN, iNews.id - Petugas Oditurat Militer (Otmil) I-02 Medan, Sumatera Utara (Sumut), melaksanakan pemusnahan belasan senjata api (senpi) rakitan dan puluhan kilogram (kg) barang bukti (barbuk) yang merupakan hasil kejahatan oknum TNI, Jumat (14/9/2018).

Kepala Otmil I-02 Medan Kolonel Sus Budiharto mengatakan barang bukti yang dimusnahkan antara lain narkoba jenis sabu seberat 8,4 kilogram (kg), 32,9 kg ganja kering, 35 butir pil ekstasi, 5 pucuk senpi rakitan, 6 air softgun, alat hisap sabu atau bong dan sejumlah barang bukti lainnya yang merupakan hasil kejahatan yang dilakukan oleh oknum TNI.

Dia menjelaskan pemusnahan barang bukti ini merupakan bagian dari proses penegakan hukum di lingkungan TNI. Barang bukti yang dimusnahkan menurutnya merupakan barang bukti yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap melalui proses persidangan di Mahkamah Militer.

"Oleh karenanya, kami sebagai eksekutor menjalankan pemusnahan ini sebagai mana perintah dari Hakim Peradilan Militer," ujar Budiharto.

Budiharto mengatakan, barang bukti yang dimusnahkan pada hari ini merupakan hasil dari kasus pidana   tahun-tahun sebelumnya. "Kami akan sampaikan proses hukum di peradilan militer secara terbuka, mulai dari persidangan hingga sampai kepada tingkat pemusnahan," kata dia.


Editor : Muhammad Saiful Hadi