Kunjungi Liang Melas Datas, Ini Permintaan Ibu-Ibu ke Arya Sinulingga

Stepanus Purba ยท Minggu, 16 September 2018 - 20:50 WIB
Kunjungi Liang Melas Datas, Ini Permintaan Ibu-Ibu ke Arya Sinulingga

Tokoh masyarakat Sumatera Utara Arya Sinulingga berbincang dengan ibu-ibu saat berkunjung ke wilayah Liang Melas Datas di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Minggu (16/9/2018). (Foto: iNews.id/Stepanus Purba).

MEDAN, iNews.id - Tokoh masyarakat Sumatera Utara Arya Sinulingga berkunjung ke wilayah Liang Melas Datas, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Liang Melas Datas terdiri atas beberapa desa, yaitu Desa Sukajulu, Desa Kuta Mbaru, Desa Batu Makmak, Desa Kuta Mbelin, Desa Pola Tebu, Desa Kuta Pengkih, Dusun Kuta Kendit dan Dusun Cerumbu.

Kunjungan ini sengaja dilakukan Arya Sinulingga kerena ada beberapa laporan dari masyarakat atas kerusakan jalan menuju beberapa desa tersebut.

Dalam kunjunganya, Arya Sinulingga yang juga Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin ini melihat langsung kerusakan akses jalan menuju sejumlah desa di empat kecamatan Kabupaten Karo tersebut.

BACA JUGA: Arya Sinulingga Minta Jalan Nasional yang Rusak di Dairi Diperbaiki 

Kondisi infrastruktur jalan ternyata sangat memprihatinkan. Hal ini menyulitkan masyarakat mengangkut hasil pertanian dari desa tersebut, ditambah ongkos pengangkutan juga sangat mahal. Padahal wilayah Liang Melas Datas saat ini dikenal sebagai sentra jeruk di Kabupaten Karo.

Salah satu warga yang bernama Swasti br Sembiring mengatakan, jalan rusak ini membuat ongkos pertanian mahal. Bahkan, anak-anak mereka yang masih SMP harus sekolah di wilayah lain. Sementara, akses menuju sekolah tersebut sangat jauh.

“Selain ongkos yang mahal karena jalan rusak, anak-anak kami yang masih SMP harus bersekolah keluar seperti ke Tigabinanga dan Kabanjahe. Kondisi jalan ini tidak memungkinkan mereka bersekolah dari desa kami,” ujarnya, Minggu (16/9/2018).

Swasti bersama ibu-ibu lainya berharap agar pemerintah bisa segera memperbaiki jalan dan membuat sekolah untuk masyarakat Liang Melas.

Menanggapi keluhan kalangan ibu-ibu ini, Arya Sinulingga mengaku ikut prihatin dan akan membantu memperjuangkan agar infrastruktur jalan dapat segera diperbaiki.

“Pontensi pertanian di wilayah Liang Melas Datas cukup menjanjikan. Bila ditopang dengan infrasturuktur yang baik, maka pertumbuhan ekonomi di desa ini juga akan meningkat,” ujar Arya.


Editor : Zen Teguh