Ratusan Rumah Warga di Medan dan Binjai Terendam Banjir 1 Meter

Okezone, Rusli HR ยท Minggu, 16 September 2018 - 22:45 WIB
Ratusan Rumah Warga di Medan dan Binjai Terendam Banjir 1 Meter

Dua bocah menerjang banjir yang menggenangi wilayah mereka di Medan Johor, Kota Medan, Sumatera Utara, Minggu (16/9/2018). (Foto: iNews.id/Rusli HR)

MEDAN, iNews.id – Ratusan rumah di Kota Medan dan Binjai, Sumatera Utara terendam banjir akibat meluapnya Sungai Deli dan Babura, Minggu (16/9/2018). Banjirterjadi setelah wilayah itu diguyur huyjan deras sejak Sabtu (15/9/2018) malam.

Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Medan, Minggu (16/9/2018), ratusan warga yang tinggal di sekitar daerah aliran sungai terpaksa mengungsi akibat meluapnya air sungai yang mencapai lebih dari satu meter.

Sejumlah kawasan yang terendan banjir di antaranya Kecamatan Medan Polonia, Medan Johor, Medan Maimun, sehingga menyebabkan warga mengungsi ke daerah yang lebih tinggi dengan membawa berbagai peralatan seadanya.

Kawasan sekitar Universitas Sumatera Utara (USU) yang berdekatan dengan Sungai Babura juga tidak luput dari banjir, akibatnya lalu lintas di Jalan dr Mansyur yang berada di dekat perguruan tinggi negeri tertua di Sumatera Utara itu putus total karena tidak dapat dilalui.

BACA JUGA: Diguyur Hujan Deras, Kota Medan Dilanda Banjir dan Macet Parah

Hingga siang sekitar pukul 13.00 WIB, debit air mulai surut dan sebagian warga yang mengungsi mulai kembali ke rumah masing-masing dan mulai membersihkan berbagai sampah dampak banjir tersebut.

Meski air mulai surut, BPBD terus melakukan monitoring terhadap situasi yang ada dan berkoordinasi dengan pihak Kelurahan dan lingkungan setempat untuk mengimbau warga tetap waspada.

Sabriandi, warga Jalan Luku Kecamatan Medan Johor mengaku, air sungai mulai meluap Minggu dini hari dan langsung menggenangi rumah warga yang berada di bantara Sungai Babura.

"Kami sekeluarga beserta tetangga lainnya langsung mengungsi ke tempat yang lebih tinggi, takut air semakin tinggi. Siang ini air mulai surut dan kami juga sudah bersih-bersih," katanya.

Warga lainnya, Eka menuturkan, rumahnya berada di bantaran Sungai Deli terendam banjir sejak pukul 01.00 WIB. “Ternak ayam dan bebek saya hanyut semua terbawa arus Sungai Deli,” katanya.

Anggota DPRD Kota Medan, Muhamad Yusuf mengatakan, Pemprov Sumut harus segera membenahi kawasan Sungai Deli untuk mencegah terulangnya banjir besar. “Kami berharap kepada Gubernur Sumatera Utara agar dapat memerhatikan keadaan dan kondisi rumah-rumah warga di pinggiran Sungai Deli ini,” katanya.

Banjir juga menggenangi ratusan rumah warga yang berada di tiga kecamatan di Kota Binjai akibat meluapnya Sungai Mencirim. Seorang warga Binjai, Yusuf mengatakan, ratusan rumah yang terendam banjir itu beraada di Kecamatan Binjai Kota, Binjai Timur dan Binjai Selatan.


"Ratusan rumah tersebut berada di sepanjang aliran sungai Mencirim ini mulai digenangi air sekitar pukul 02.00 Wib," ujarnya.


Editor : Kastolani Marzuki