6 Orang yang Terjaring OTT KPK Bersama Dzulmi Eldin Masih Diperiksa di Mapolrestabes Medan

Stepanus Purba ยท Rabu, 16 Oktober 2019 - 10:43 WIB
6 Orang yang Terjaring OTT KPK Bersama Dzulmi Eldin Masih Diperiksa di Mapolrestabes Medan

Enam orang yang diamankan KPK bersama Wali Kota Medan Dzulmi Eldin masih diperiksa di ruang penyidik Satreskrim Polrestabes Medan, Rabu (16/10/2019). (Foto: iNews.id/Stepanus Purba)

MEDAN, iNews.id – Enam orang yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama dengan Wali Kota Medan Dzulmi Eldin diperiksa di Mapolrestabes Medan, Rabu (16/10/2019). Mereka dibawa ke ruang Kepala Satuan Reskrim Polrestabes Medan Kompol Eko Hartanto.

Informasi diperoleh dari petugas jaga di Mapolrestabes Medan, keenam orang itu dibawa petugas KPK ke Mapolrestabes Medan sekitar jam 06.00 WIB tadi. Dzulmi Eldin juga sempat terlihat ke Jalan HM Said, Sidorame Barat I, Kecamatan Medan Perjuangan itu sebelum akhirnya dibawa ke Jakarta.

“Saya tadi pagi melihat wali kota Medan dan beberapa orang dibawa ke sini, tapi tidak tahu urusannya apa,” ujar petugas jaga di Mapolrestabes Medan yang tidak mau namanya disebutkan.

 

BACA JUGA:

OTT KPK di Medan, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin Diamankan Bersama 6 Orang

OTT KPK di Medan, Wali Kota Dzulmi Eldin Diamankan Bersama Ajudan dan Kepala Dinas PUPR

 

Sementara itu, Kasat Reskrim Polrestabes Medan Kompol Eko Hartanto tidak dapat dihubungi untuk dikonfirmasi terkait pemeriksaan yang digelar tertutup di Mapolrestabes Medan.

Pantauan iNews.id, keenam orang yang terjaring OTT bersama Wali Kota Medan masih diperiksa di ruang Kepala Satuan Reskrim Polrestabes Medan Kompol Eko Hartanto. Hingga pukul 10.40 WIB, mereka masih berada di dalam.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, KPK mengamankan tujuh orang dalam OTT di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut). Selain Dzulmi Eldin, KPK mengamankan ajudannya dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Isya Anshar. KPK juga mengamankan protokoler dari Pemkot Medan dan pihak swasta.

Dari OTT terhadap tujuh orang di Kota Medan, KPK mengamankan barang bukti uang sekitar RP200 juta. Uang tersebut diduga hasil setoran-setoran dari sejumlah dinas di Pemkot Medan. “Uang yang diamankan lebih dari Rp200 juta,” kata Febri Diansyah, Rabu (16/10/2019).

Barang bukti tersebut kini telah di tangan penyidik untuk diklarifikasi terhadap tujuh orang yang diamankan dalam OTT di Medan, sejak Selasa (15/10/2019) malam hingga Rabu dini hari tadi.


Editor : Maria Christina