70 Rumah di Kelurahan Beringin Medan Terendam Banjir, 80 KK Terdampak

Stepanus Purba ยท Selasa, 09 Oktober 2018 - 13:26 WIB
70 Rumah di Kelurahan Beringin Medan Terendam Banjir, 80 KK Terdampak

Permukiman warga di Kelurahan Beringin Kota Medan yang terendam banjir luapan air sungai. (Foto: iNews.id/Stepanus Purba)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

MEDAN, iNews.id – Sedikitnya 70-an rumah yang ada di Kelurahan Beringin, Kecamatan Medan Selayang, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) terendam banjir, Selasa (9/10/2018). Ketinggan air bervariatif, mulai dari 20 cm hingga 150 cm usai diguyur hujan sepanjang malam hingga dini hari tadi.

Menurut Manajer Pusdalops BPBD Medan M Yunus, banjir yang menggenangi Kelurahan Beringin merupakan hasil dari luapan Sungai Babura. Luapan air terpantau naik ke permukiman warga sejak pukul 05.00 WIB. "Jadi airnya naik dua jam usai hujan deras," kata Yunus kepada sejumlah awak media di Medan, Selasa (9/10/2018).

Lurah Kelurahan Beringin Ardi Daus mengatakan, pegawai kelurahan bersama petugas BPBD Kota Medan sudah melakukan sejumlah langkah pascabanjir untuk menanggulanginya. “Ada 70-an rumah warga kami yang terendam banjir atau sedikitnya 80-an kepala keluarga (KK) terdampak banjir luapan sungai," ujar Ardi.

BACA JUGA: Banjir di Medan Kronis, Pagi Ini Sejumlah Daerah Terendam Genangan Air

Dia mengungkapkan, sebagian warganya yang menjadi korban terdampak banjir memilih bertahan di rumah masing-masing. Sementara warga yang rumahnya tak bisa ditempati lagi memilih mengungsi ke tempat kerabat terdekat mereka.


"Banyak warga masih bertahan, khususnya yang rumahnya bertingkat. Mereka memilih bertahan di lantai dua," ucap Ardi.

Selain itu, Ardi menjelaskan saat ini pihak Kelurahan Beringin sudah mendirikan satu unit posko banjir di Kantor kelurahan Beringin. Langkah ini dilakukanb sebagai antisipasi jika sewaktu-waktu warga butuh bantuan secara cepat.

"Kalau posko saat ini sudah tidak mampu lagi menampung, kami akan dirikan dua lagi. Rencananya di Masjid dan ujung Gang Saudara," ujarnya.


Editor : Donald Karouw