Banjir dan Longsor Bayangi Arus Mudik di Sumut, BMKG Imbau Pemudik Hati-Hati

Stepanus Purba ยท Kamis, 30 Mei 2019 - 20:05 WIB
Banjir dan Longsor Bayangi Arus Mudik di Sumut, BMKG Imbau Pemudik Hati-Hati

Cuaca buruk membayangi arus mudik Lebaran 209 di wilayah Sumatera Utara. (Foto: ilustrasi)

MEDAN, iNews.id – Pemudik di Sumatera Utara diminta mewaspadai cuaca buruk selama arus mudik dan balik Lebaran 2019.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Kota Medan memprediksi, wilayah Sumut berpotensi dilanda hujan deras disertai angin kencang. Cuaca buruk tersebut juga berpotensi mengakibatkan bencana longsor.

Petugas BMKG Wilayah 1 Kota Medan, Nora Valencia mengatakan, potensi hujan deras diserta angin kencang akan membayangi para pemudik hingga pertengahan Juni 2019. Karena itu, BMKG mengimbau pemudik untuk lebih berhati-hati dan mewaspadai cuaca buruk.

"Hal ini disebabkan kita tengah memasuki musim penghujan di antara bulan Maret hingga bulan Juni," kata Nora Valencia, Kamis (30/5/2019).

BACA JUGA:

Kendala Cuaca Buruk, Pemudik ke Pulau Bawean Tertahan di Pelabuhan Gresik

KM Sinar Alam Mati Mesin di Wakatobi, Puluhan Pemudik Terombang-Ambing di Laut

Nora mengatakan, untuk daerah pesisir mengingat potensi hujan masih tinggi kemungkinan terjadinya banjir sangat tinggi. Sedangkan potensi longsor terjadi di sejumlah wilayah dataran tinggi, seperti Kabupaten Kari, Dairi, serta Tapanuli Selatan.

Selanjutnya Kabupaten Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu Selatan, Nias, dan Kabupaten Samosir. "Untuk itu kita menghimbau kepada pemudik khususnya yang menggunakan kendaraan pribadi untuk berhati-hati dan jangan melintas di saat hujan deras tengah terjadi," katanya.


Editor : Kastolani Marzuki