Banjir di Medan Kronis, Pagi Ini Sejumlah Daerah Terendam Genangan Air

Stepanus Purba ยท Selasa, 09 Oktober 2018 - 10:49 WIB
Banjir di Medan Kronis, Pagi Ini Sejumlah Daerah Terendam Genangan Air

Kondisi banjir di Jalan Letda Sujono, Kecamatan Medan Tembung, yang terendam banjir. (Foto: iNews.id/Stepanus Purba)

MEDAN, iNews.id – Persoalan banjir di Kota Medan sudah kronis dan belum dapat teratasi. Memasuki musim penghujan, sejumlah jalan protokol dan daerah yang rentan genangan air langsung banjir saat diguyur hujan.

Seperti yang terjadi Selasa (9/10/2018) pagi ini. Pantauan iNews.id, genangan air setinggi lutut tampak terjadi di Jalan Bunga Cempaka, Jalan Ngumban Surbakti, Jalan Letda Sujono, seputaran Universitas Medan Area, Universitas Negeri Medan, serta Universitas Islam Negeri Sumut. Banjir melanda daerah tersebut setelah diguyur hujan sepanjang malam hingga dini hari tadi.

"Banjirnya sudah mulai surut ini tapi masih cukup tinggi genangannnya. Tadi pagi-pagi sekali pas hujan deras, banjirnya sampai setinggi lutut orang dewasa,” kata Irfan, warga yang tinggal di Jalan Letda Sujono, Kecamatan Medan Tembung.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Ajak USU Bantu Masyarakat Sulteng dan NTB Lebih Kuat

Menurutnya, daerah tempat tinggalnya sudah menjadi langganan banjir saat musim hujan. Dia berharap Pemerintah Kota (Pemkot) Medan bisa menemukan solusi penanganan banjir karena sudah berulang dan saat ini memasuki musim penghujan.


"Kami harap Pemkot Medan segera mencarikan solusi terkait masalah ini. Jangan hanya bongkar drainase saja karena banjir masih terus datang dan tak teratasi," ujarnya.

Senada juga sampaikan Hariyati,  warga Jalan Bunga Cempaka, Kecamatan Medan Baru. Dia menyesalkan Pemkot Medan yang masih belum menunjukkan penanganan serius fenomenan banjir yang sudah kronis.

Kondisi yang terjadi saat ini sangat menganggu aktivitas masyarakat, khususnya anak-anak yang akan berangkat ke sekolah. "Kasihan anak-anak saya harus melewati banjir untuk berangkat ke sekolah," ucapnya.


Sementara itu Manajer Pusdalops BPBD Kota Medan M Yunus membenarkan bahwa sejumlah lokasi di Kota Medan terendam banjir usai hujan deras sepanjang malam hingga dini hari. Dia menuturkan, saat ini BPBD masih melakukan pendataan ke sejumlah titik yang terkena banjir.

"Masih kami data daerah yang terdampak dan mengalami banjir, nanti akan disampaikan," tuturnya.


Editor : Donald Karouw