Banjir Lahar Dingin Gunung Sinabung Terjang 3 Rumah Warga di Kutambaru Karo

Stepanus Purba ยท Rabu, 10 Juli 2019 - 22:32 WIB
Banjir Lahar Dingin Gunung Sinabung Terjang 3 Rumah Warga di Kutambaru Karo

Seorang warga yang terjebak lumpur banjir lahar dingin di Desa Kutambaru, Kecamatan Tiganderket, Kabupaten Karo, saat coba mengevakuasi diri. (Foto: iNews.id/Stepanus Purba)

KARO, iNews.id – Banjir lahar dingin menerjang Desa Kutambaru, Kecamatan Tiganderket, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Rabu (10/7/2019) pukul 20.15 WIB. Peristiwa yang terjadi saat malam hari ini membuat warga panik dan berupaya menyelamatkan diri.

Dalam kejadian tersebut, sedikitnya ada tiga rumah warga yang tertutup material lahar dingin berupa lumpur dan bebatuan. Penyebabnya ditengarai akibat curah hujan tinggi yang terjadi dalam beberapa hari terakhir di kawasan Gunung Sinabung.

"Ada tiga rumah yang tergenang material lahar dingin hingga setinggi satu meter. Saat ini penghuninya sudah dievakuasi," ujar Joni Ginting Sugihen, seorang warga setempat saat dikonfirmasi iNews.id, Rabu (10/7/2019).

Dia mengungkapkan, selain menerjang rumah warga, material lumpur juga mengenangi jalan desa sehingga proses evakuasi berjalan cukup dan dramatis. Apalagi warga harus melewati material lahar dingin di kegelapan malam.

BACA JUGA: Banjir Lahar Dingin, Warga di Lereng Gunung Agung Terisolasi

"Kami sudah sampaikan untuk minta bantua pemerintah. Namun sampai saat ini belum tiba," katanya.

Diketahui, peristiwa banjir lahar dingin ini tidak sampai menelan korban jiwa. Namun demikian, kerugian materiel yang ditimbulkan ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.


Editor : Donald Karouw