BBMKG Medan Deteksi 21 Titik Api di Sumatera Utara akibat Suhu Tinggi

Stepanus Purba ยท Rabu, 15 Agustus 2018 - 01:27 WIB
BBMKG Medan Deteksi 21 Titik Api di Sumatera Utara akibat Suhu Tinggi

Cuaca ekstrem meicu bertambahnya titik panas di Sumatera Utara. (Foto: ilustrasi)

MEDAN, iNews.id - Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan, Sumatera Utara mendeteksi 21 titik panas (hotspot) yang tersebar di sejumlah wilayah. Jumlah titik panas itu bertambah dari sebelumnya hanya delapan ttik.

"Berdasarkan pantauan satelit Terra dan Aqua, peta sebaran titik panas di Provinsi Sumut saat ini ada terdapat di 21 titik," ungkap Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Edison Kurniawan, Selasa (13/8/2018).

Edison menyebutkan, 21 titik panas berada di Kecamatan Pakkat, Pollung, Tara Bintang, Kabupaten Humbahas. Lalu Kecamatan Panei Hilir, Panei Tengah Kabupaten Labuhanbatu. Kecamatan Aek Natas, Kabupaten Labura. Selanjutnya, Kecamatan Dolok Sigompolon Kabupaten Paluta, Kecamatan Harian dan Sitio-tio Kabupaten Samosir.

Menurut Edison, bertambahnya jumlah titik panas itu karena suhu udara cukup tinggi mencapai 40 derajat Celcius khususnya di daerah-daerah yang memiliki titik panas. “Titik panas itu tersebar di sejumlah wilayah dengan tingkat kepercayaan di atas 50 persen,” ucapnya.

Namun, Edison menegaskan bahwa daerah yang mempunyai titik panas itu tidak selalu karena adanya kebakaran hutan. Tetapi karena di titik-titik tersebut udaranya di atas 40 derajat Celsius. "Karena kita mendeteksi di daerah itu ada titik panas," ucapnya.

Edison mengimbau kepada masyarakat agar segera berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan dinas terkait jika di daerahnya ada ditemukan titik api. "Selain itu, diharapkan masyarakat agar dapat menjaga lingkungan dengan tidak melakukan pembakaran liar dan membuang puntung rokok secara sembarangan," tandasnya. 



Editor : Kastolani Marzuki