Bentrok Kelompok Pemuda di Medan Gegara Proposal, 15 Orang Ditetapkan Tersangka

Stepanus Purba ยท Senin, 12 Agustus 2019 - 14:58 WIB
Bentrok Kelompok Pemuda di Medan Gegara Proposal, 15 Orang Ditetapkan Tersangka

Polisi saat mengumpulkan para anggota OKP yang terlibat bentrokan di Jalan HM Yamin, Medan. (Foto: iNews.id/Stepanus Purba)

MEDAN, iNews.id – Sedikitnya 15 orang ditetapkan tersangka dalam bentrokan dua kelompok organisasi kepemudaan (OKP) di Medan. Penetapan status ini setelah polisi melakukan serangkaian penyelidikan dan pemeriksaan saksi serta barang bukti.

"Ke-15 orang ini ditetapkan tersangka berdasarkan rekaman CCTV, saat salah satu OKP menyerang anggota OKP lainnya," ujar Kasat Reskrim Polrestabes Medan AKBP Putu Yudha Prawira, Senin (12/8/2019).

Putu mengatakan, kasus bentrokan antar OKP ini terjadi di Jalan HM Yamin, Medan, Sabtu (10/8/2019). Motif penyerangan berawal saat anggota salah satu OKP datang ke hotel untuk menyampaikan proposal. Namun di saat bersama, ada anggota OKP lain yang sedang berada di dalam hotel tersebut. Mereka ditegur untuk tidak menyerahkan proposal.

"Akibat teguran itu, anggota OKP yang ditegur merasa tidak senang dan langsung memanggil teman-temannya hingga terjadi peristiwa penyerangan," kata Putu.

Adapun ke-15 tersangka masing-masing berinisial; AR; JM; JUL; DW;  AM; AP; ARD; NC; RU als R; AH; RT; RP; TH; MI dan BA. Barang bukti yang disita antara lain batu, kayu broti, pecahan botol, gagang sapu, rekaman CCTV serta proposal ke hotel.

"Para tersangka saat ini sudah kami tahan di Mapolrestabes Medan," tuturnya.

Menurutnya, belasan anggota OKP dijerat dengan Pasal 170 KUHP jo Pasal 351 dan atau Pasal 358 KUHP. Mereka disangkakan dengan pasal pengeroyokan dan penyerangan.


Editor : Donald Karouw